Card image cap

News

Insinyur Baru Lulusan PSPPI UNDIP Diharapkan Perkuat Sektor-Sektor Vital di Indonesia

Semarang – Jawa Tengah (31/1). Fakultas Teknik Universitas Diponegoro melaksanakan acara pengambilan sumpah insinyur periode ke-8. Acara dilaksanakan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Lt. 5. Dalam acara ini, turut hadir Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) Undip, Prof. Dr. Ir Widayat, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng, Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., dan Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Bambang Goerlino, M.Sc., MPA, IPU.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Insinyur. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan diawali oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI), Prof. Dr. Ir. Widayat, S.T., M.T., IPM, ASEAN Eng. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa ada 131 insinyur yang diluluskan oleh PSPPI Fakultas Teknik pada periode-8 ini, sehingga sudah ada 488 insinyur yang sudah diluluskan oleh PSPPI Fakultas Teknik sejak program studi ini berdiri. Menurut Prof Widayat, meskipun PSPPI menggunakan metode pembelajaran yang sudah cukup lama, namun pada prinsipnya program studi profesi insinyur ini tetap dilaksanakan sebagaimana program profesi pada umumnya, sehingga bukan hanya pengakuan terhadap praktik-praktik pendidikan keinsinyuran saja yang ditempuh, tapi juga ada laporan studi kasus yang perlu dilewati agar bisa lulus. Hal inilah yang membedakan antara PSPPI Undip dengan program studi profesi insinyur di universitas lainnya. Diharapkan, dari adanya laporan studi kasus, maka lulusan PSPPI tidak hanya mendapatkan pengakuan saja, namun juga ada karya keinsinyuran yang dapat dipublikasikan di berbagai kanal jurnal baik internasional maupun nasional.

Prof. Widayat juga menyampaikan bahwa PSPPI akan memiliki wadah jurnalnya sendiri yang direncanakan akan siap pada tahun ini. Jurnal PSPPI tersebut nantinya berfungsi untuk menampung karya-karya dari praktik-praktik keinsinyuran yang sudah dijalani oleh para peserta program studi PPI di Universitas Diponegoro. Jurnal ini, menurut penuturan Prof. Widayat, nantinya akan dinamai Jurnal Profesi Insinyur Indonesia, dan melibatkan para alumni baik dari program studi profesi insinyur di Universitas Diponegoro maupun universitas lainnya yang juga menyelenggarakan program studi profesi insinyur, seperti Universitas Petra, Universitas Jember, dan universitas lainnya.

Dalam kesempatannya, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. menegaskan bagaimana para insinyur dari PSPPI Undip sudah selayaknya memperkuat beragam sektor vital di Indonesia, seperti sektor pertanian, peternakan, energi, dan ketahanan pangan. Menurut beliau, sektor-sektor tersebut perlu untuk “di-sengkuyung” bersama. Prof Agung juga menyampaikan bahwa komitmen Fakultas Teknik untuk mencapai akreditasi-akreditasi berstandar nasional dan internasional ditujukan untuk memajukan dunia pendidikan, terutama sekali pendidikan profesi insinyur, karena visi Fakultas Teknik adalah menjadi Fakultas berbasis riset yang unggul.

Sementara Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Bambang Goerlino, M.Sc., MPA, IPU menyampaikan bahwa PII akan menjadi wadah bagi para insinyur di seluruh Indonesia untuk bisa bekerja sama dan berkarya bersama untuk Indonesia. Beliau menambahkan, para insinyur lulusan PSPPI dapat memegang teguh sumpah yang sudah diikrarkannya dalam acara pengambilan sumpah insinyur kali ini. Harapannya, setelah menyandang  gelar insinyur, nantinya para insinyur baru ini tetap memegang teguh  sumpah yang sudah diucapkannya, tetap amanah dan konsisten, menjunjung tinggi profesionalisme dan integritas, terus belajar menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman demi terjaganya  kompetensi  keilmuan yang dimiliki, serta terus berupaya meningkatkan kapasistas keinsinyuran yang sudah dimilikinya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan lulusan insinyur PSPPI Undip oleh Wakil Dekan bid. Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. nat. tech. Siswo Sumardino, S.T., M.T. Kemudian, setelah semua lulusan insinyur sudah disebutkan satu persatu, para insinyur diambil sumpahnya di depan para pimpinan. Pengambilan sumpah insinyur ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Bambang Goerlino, M.Sc., MPA, IPU.

Dilanjutkan dengan pemberian medali insinyur oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., dan Manajer Bag. Tata Usaha Fakultas Teknik, Ari Eko Widyantoro, S.T., M.Si., dan penyerahan Sertifikat Insinyur Profesional (SIP) oleh Ketua Pengurus PII Wilayah Jawa Tengah, Dr. T. Herry Ludiro Wahyono, ST, M.T., IPU.

Usai sambutan dari perwakilan calon insinyur, Ir. Muhammad Habibi, IPU, ASEAN Eng, acara ditutup dengan doa.

SUMBER BERITA

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Keanggotaan
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional