WORKSHOP “ASEAN Electrical Inspection Guidelines”

WORKSHOP “ASEAN Electrical Inspection Guidelines”
Ruang Komisi Utama BPPT
Jl. MH Thamrin No. 8, Jakarta
26 Juli 2018

PENDAHULUAN

Instalasi listrik adalah bagian terpenting dalam suatu area industri, pergudangan, pembangkit energi, dan perkantoran. Kesalahan yang terjadi pada instalasi listrik dapat berakibat fatal sebagai pemicu awal timbulnya api atau menyebabkan hubungan pendek (short-circuit) yang dapat berujung pada kebakaran.
Untuk menjaga keselamatan jiwa dan properti perusahaan, setiap perusahaan perlu melakukan identifikasi dan analisa potensi risiko kelistrikan, dan tidak terlena oleh keadaan normal yang sedang dijalani.
Penilaian, pemeliharaan, bahkan penggantian instalasi listrik dan peralatan terkait mutlak dilakukan sebab seiring berjalannya waktu peralatan instalasi listrik mengalami keausan ataupun mencapai batasan usia pakai.
Guna tercapainya visi utama suatu instalasi tenaga listrik yaitu andal, aman dan akrab lingkungan yang harus dimiliki oleh suatu instalasi pembangkitan, instalasi transmisi, instalasi distribusi dan instalasi pemanfaatan tenaga listrik serta terpenuhinya aspek standarisasi dalam instalasi ketenagalistrikan, maka dikeluarkanlah suatu peraturan kebijakan berupa regulasi-regulasi di bidang ketenagalistrikan oleh Negara anggota ASEAN khususnya Pemerintah Republik Indonesia. Kebijakan ini secara garis besar diwujudkan untuk memenuhi aspek-aspek keselamatan ketenagalistrikan, keselamatan umum, keselamatan lingkungan dan keselamatan instalasi bagi pengelola maupun pemilik instalasi ketenagalistrikan, sehingga dapat diperoleh hasil akhir berupa instalasi tenaga listrik yang kompeten dan bersertifikat.

TUJUAN WORKSHOP
Tujuan dari Workshop “ASEAN Electrical Inspection Guidelines” ini adalah :
1. Sosialisasi dan penerapan peraturan kebijakan di bidang ketenagalistrikan di ASEAN dan khususnya Indonesia
2. Mendiskusikan langkah-langkah yang perlu untuk keselamatan ketenagalistrikan, keselamatan umum, keselamatan lingkungan dan keselamatan instalasi ketenagalistrikan

Pendaftaran

baca juga

ingin komentar

Comment