Terinspirasi Dari Makhluk Hidup

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Biomimicry telah memberikan dampak yang luar biasa pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sejak abad ke 20. Berikut adalah berbagai teknologi yang tercipta karena inspirasi dari makhluk hidup.

Tenaga Matahari
Bagi banyak peneliti, lebah oriental masih merupakan misteri. Tidak seperti jenis yang lain, lebah ini cenderung sangat aktif saat matahari berada pada titik terpanas. Hal ini bertentangan dengan konsep yang dikenal selama ini bahwa untuk memertahankan energi, maka makhluk hidup harus berada pada di titik panas terendah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Tel Aviv University berhasil menemukan adanya garis-garis berwarna cokelat pada lebah ini yang ternyata merupakan alur lampu perangkap yang dapat membiaskan cahaya matahari dan bercampur dengan pigmen xanthopterin alami untuk meniptakan listrik. Dengan demikian, lebah ini memunyai kemampuan untuk mengubah radiasi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan sebagai sumber energinya. Yang menariknya lagi adalah konversi listrik tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sistem pendingin di dalam tubuhnya sehingga mereka dapat bertahan diterpa sinar matahari tanpa merasa kepanasan.

Dari hewan inilah terinspirasi penciptaan energi listrik dari tenaga matahari yang meniru sistem pada lebah oriental.

Radar/Sinyal
Banyak orang mengira bahwa radar dan sinyal terinspirasi dari kelelawar. Kenyataannya, teknologi ini terinspirasi dari lebah yang memakan belatung yang tersembunyi di pepohonan dan kayu yang sulit terlihat dari luar.

Dari hasil penelitian dan pengamatan, lebah ini diketahui menggunakan radat yang dapat menembus tanah dengan menggunakan antena yang terdapat di tubuhnya. Mereka menyadap berbagai sinyal yang ada dari mangsanya dengan meantulan sinyal itu kembali ke kakinya.

Perangkat Lunak Antivirus
Teknologi ini terinspirasi dari tumbuhan jamur mikoriza yang terdapat di dalam tanah. Saat tumbuhan ini terserang penyakit atau kutu daun, jamur ini akan melepaskan sebuah bahan kimia khusus untuk memeringatkan tanaman lain, terutama jenis jamur, untuk lebih meningkatkan pertahanan mereka. Sehingga ketika serangan kuman penyakit ini datang, mereka siap untuk melawan.

Protokol Internet
Anda mungkin sudah mengetahui apa itu alat pengukur lalu lintas internet yang dikenal sebagai Transmission Control Protocol (TCP). Semakin cepat sinyal-sinyal kembali dipantulkan dengan lebih banyak bandwith, semakin cepat pula TCP mengirim data.

Teknologi ini terinspirasi dari makhluk kecil yang sering juga dianggap pengganggu. Para peneliti telah menemukan bahwa semut permen melakukan cara yang sama pada saat mencari makan. Koloni semut mementau kecepatan semut pekerja kembali ke sarang, apabila kembali dengan cepat maka ini menandakan banyak makanan yang ditemukan di suatu tempat. Sehingga mereka akan mengirim lebih banyak lagi semut pekerja untuk mengambil makanan yang tersedia.

Inframerah
Seekor kumbang arang atau kumbang melanophila telah menginspirasi pengembangan sensor inframerah. Kumbang ini mencari dan kemudian mendatangi tempat-tempat potensi arang meski terletak jauh dari habitatnya melalui sensor inframerah.

Kemampuan menjelajah jauh dibuktikan ketika terjadi kebakaran besar di California pada 1925. Pada reruntuhan kebakarn ini ditemukan ratusan kumbang arang yang bukan berasal dari wilayah ini. Kumbang –kumbang ini datang dari kaki bukit Sierra Nevada yang berjarak 130 kilometer dari tempat kebakaran terjadi.***

baca juga

ingin komentar

Comment