Teknologi Terobosan untuk Masa Depan

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Banyak teknologi yang telah diciptakan sebagai solusi dari berbagai persoalan yang terjadi serta sebagai titik tolak untuk membuka berbagai kesempatan baru di masa mendatang. Namun, hanya beberapa yang dianggap sebagai “breakthrough” atau terobosan. Berikut 10 teknologi terobosan yang dilansir oleh MIT Technology Review pada 2016.

1. Immune Engineering

Sel-sel kekebalan tubuh yang direkayasa secara genetis dapat menyelamatkan hidup penderita kanker. Selain kanker, penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan rekayasa sistem kekebalan tubuh adalah sklerosis dan HIV. Teknologi ini akan siap dalam waktu 1 – 2 tahun.

2. Pengubahan Gen Secara Akurat Pada Tanaman

Metode pengubahan gen yang dikenal sebagai CRISPR ini diharapkan akan memberikan cara yang lebih pasti dan mudah untuk mengubah gen untuk menciptakan berbagai sifat seperti tahan terhadap penyakit dan tahan kekeringan. Dianggap sebagai teknologi terobosan, karena kemampuannya mengubah gen tanaman dengan lebih akurat dan murah, tanpa memasukkan DNA dari luar. Teknologi ini sangat diperlukan di masa depan untuk mencukupi kebutuhan pangan dunia untuk populasi, yang diperkirakan, sebesar 10 milyar manusia pada 2050. Diharapkan sudah bisa diaplikasikan 5 – 10 tahun mendatang.

2. Antarmuka Percakapan (Conversational Interface)

Teknologi percakapan unggul dari perusahaan internet terkemuka China membuat penggunaan telepon pintar semakin mudah. Penggabungan pengenalan suara dan pemahaman Bahasa alamiah untuk menciptakan antarmuka percakapan yang efektif untuk pasar internet terbesar di dunia, menjadikannya dipilih menjadi salah satu teknologi terobosan tahun ini. Teknologi ini sudah dapat dinikmati saat ini untuk pengguna telepon pintar.

3. Roket Yang Dapat Digunakan Kembali

Biasanya roket hancur pada tahap perjalanannnya. Namun, saat ini roket dapat mendarat berdiri vertikal, diisi bahan bakar kembali, dan siap melakukan perjalanan berikutnya. Menciptakan tahapan baru dalam perjalanan ruang angkasa. Tentusaja hal ini akan berakibat dengan makin lebih murahnya biaya perjalanan yang diperlukan.

4. Robot Yang Dapat Mengajar Satu Sama Lain

Bagaimana jika robot dapat menemukan berbagai hal sendiri dan membagikan pengetahuan itu kepada robot yang lain? Tentu saja ini adalah teknologi terobosan. Robot dapat memelajari berbagai hal dan mengirimkan pengetahuan melalui ‘cloud’ untuk dapat diakses oleh robot lain kemudian. Kemajuan dalam bidang robotic dapat dipercepat secara dramatis jika setiap jenis mesin tidak harus deprogram terpisah. Teknologi ini diperkirakan siap dalam waktu 3 – 5 tahun mendatang.

5. Toko Aplikasi DNA

Sebuah toko daring untuk informasi mengenai gen anda akan membuat lebih murah dan mudahnya untuk memelajari risiko dan kecenderungan kesehatan anda. Sebuah model bisnis baru untuk pengurutan kode DNA yang akan membuat informasi genetik dapat diakses secara meluas dalam jaringan. Diharapkan tahun ini, teknologi terobosan ini sudah dapat diaplikasikan.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Super Besar

Fasilitas tenaga suray di Buffalo, Amerika Serikat, dengan nilai 750 juta dolar akan memproduksi panel surya yang sangat efisien berkapasitas giga watt per tahun dan membuat teknologi ini menjadi jauh lebih menarik bagi para pemilik rumah. Biaya yang jauh lebih murah dari hasil penyederhanaan proses pembutan, membuat teknologi ini layak disebut sebagai teknologi terobosan dan sangat penting, karena industri tenaga surya membutuhkan teknologi yang lebih efisien dan murah agar dapat bersaing dengan energi fosil. Tahun depan, diharapkan, teknologi ini sudah dapat digunakan.

7. Slack, Sistem Pesan “Intra-Office”

Slack sering digambarkan sebagai perangkat lunak (software) perkantoran yang tumbuh paling cepat. Software ini telah mengumpulkan lebih dari 2 juta pengguna harian kurang dari waktu tiga tahun setelah diluncurkan pada 2013, menggantikan fungsi e-mail sebagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan. Berdasarkan penelitian mendengarkan atau membaca setiap pembicaraan rekan kerja dapat meningkatkan produktivitas. Slack memungkin proses ini dilakukan.

8. Kendaraan “Auto Pilot” Tesla

Produsen kendaraan listrik Tesla mengirimkan perangkat lunak pembaruan kepada setiap kendaraannya yang tiba-tiba membuat mengemudikan kendaraan tanpa pengemudi menjadi kenyataan. Teknologi ini memungkinkan sebuah mobil mengemudikan dirinya sendiri dengan selamat dalam berbagai kondisi. Hal ini untuk mengurangi kecelakaan karena kesalahan manusia yang dapat menyebabkan korban jiwa.

9. Tenaga Dari Udara

Perangkat internet yang diberi energi melalui Wi-Fi dan sinyal telekomunikasi lainnya akan membuat sensor dan komputer kecil lebih kuat. Teknologi ini memungkinkan gawai bekerja dan mampu berkomunikasi hanya dengan menggunakan energi yang diambil dari TV, radio, telepon selular, atau sinyal Wi-Fi terdekat. Banyak penggunaan lain yang bisa muncul dari pengisian energi melalui “udara” ini. Mungkin sekitar 2 -3 tahun lagi, teknologi ini sudah dapat digunakan secara meluas.***

baca juga

ingin komentar

Comment