TEKNOLOGI SEPATU : Semakin Moncer di Lapangan

Satu atau dua dekade lalu, kita hanya bisa menemukan sepatu bolasepak (football/soccer) berwarna hitam. Tidak ada warna lain seperti yang dapat kita saksikan saat ini.

Perkembangan sepatu jenis ini begitu cepat yang dipicu oleh kebutuhan untuk meningkatkan performa pemain dan persaingan ketat antarprodusen. Saat ini semua produsen sepatu ini berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi terbaik untuk dibenamkan pada sepatunya. Segala upaya dilakukan, dana jutaan dolar pun mengalir dengan deras untuk mendanai berbagai penelitian, demi untuk menjadi yang terbaik, yang bisa dibaca juga untuk menguasai pangsa pasar.

Tahun lalu, produsen sepatu olahraga raksasa Nike, meluncurkan sepatu sepakbola dengan teknologi terbarunya, yang disebut Nike Anti-Clog Traction, yang diklaim mampu melepaskan lumpur yang menempel di sepatu pemain, berkat lapisan khusus pada sol sepatunya yang dikembangakan oleh para penelti di Nike selama 2 tahun.

Sebelum sepatu ini diciptakan, lumpur di lapangan yang menempel di lapisan bawah sepatu, menjadi masalah yang cukup serius yang dihadapi pemain bolasepak. Laju pergerakan mereka lebih lambat, karena ada beban lumpur yang menempel di sepatunya. “Nike Football fokus untuk memersembahkan permainan cepat di semua kondisi, maka itu kami  berkomitmen untuk mengatasi problem ini,” kata Max Blau, Vice President Nike Football Footwear.

Dr. Jeremy Walker, salah satu peneliti yang mengembangkan teknologi ini, mengatakan bahwa ini adalah problem yang dihadapi para pemain bolasepak dari generasi ke generasi dan sangat sulit untuk dipecahkan. “Ini sangat menantang kami,” ujar doktor berlatar belakang teknik material dan kimia ini.

Akhirnya, setelah melekakuan berbagai uji coba, teknologi ini telah siap digunakan pada 2016 dan mendapat sambutan yang baik dari para atlet bolasepak dunia.

Selain akan menambah kecepatan para pemain, teknologi ini juga membantu pemain agar tidak lagi berupaya membersihkan sepatunya secara manual di lapangan dan hanya fokus bagaimana mengecoh pemain lawan dan menciptakan gol. Harapannya: moncer!*

baca juga

ingin komentar

Comment