Teknologi Nano Di Sekitar Kita

Aries R Prima – Engineer Weekly

Teknologi nano telah dirasakan manfaatnya bagi kehidupan manusia di jaman modern ini. Berbagai peralatan dan gawai yang digunakan telah mengadopsi teknologi ini untuk memberikan berbagai manfaat mengikuti kebutuhan dan keinginan yang terus berkembang. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang elektronik komersial berlomba-lomba menciptakan berbagai produk unggulannya menggunakan teknologi yang semakin berkembang ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Mesin cuci ‘Air Wash System’
Produsen elektronik terbesar dari Korea, Samsung, telah merilis sebuah mesin cuci dengan menggunakan teknologi yang disebut sebagai ‘Silver Nano’ pada mesin cuci ‘Air Wash System’, dimana ion-ion perak berukuran nano diklaim mampu membasmi bakteri dan jamur penyebab bau pada pakaian yang dapat bertahan selama 30 hari.

iPod Nano
Gawai besutan Apple ini pernah menjadi ‘icon’ pemutar music digital pada jamannya. Dengan menggunakan material nano pada sistem perangkat keras penyimpanannya , iPod ini mampu menyimpan berkas (file) hingga 8 GB. Selain itu, dengan material nano ini, baterainya mampu memberikan tenaga untuk menonton video selama 5 jam dan mendengarkan music selama 24 jam tanpa henti.

NanoTech Fuel Enhancer (NFE)
NFE adalah bahan aditif dari Automax untuk bahan bakar kendaraan bermotor dengan kepekatan tinggi yang menggunakan teknologi nano cair yang dinamis. Dengan menambahkan produk ini pada bahan bakar, kendaraan akan bisa menghemat penggunaan bahan bakar hingga 28 persen, meningkatkan daya mesin hingga 20 persen, mengurangi polusi asap berbahaya hingga 98 persen, serta mampu mengawetkan mesin.

BioDisc
Dengan teknologi nano, BioDisc yang terdiri dari piringan kaca dari 13 mineral alami, diklaim dapat menghasilkan energi natural untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan beberapa penyakit. Alat yang diciptakan oleh dokter Ian Lyons, dokter ahli bedah, bekerja dengan membentuk rantai molekul pada zat cair dan mentransfer energi ke semua sel makhluk hidup yang berada di dekatnya.

Black Hole
Perangkap nyamuk ini bekerja dengan menciptakan fotokatalis dari pancaran lampu ultraviolet yang menerpa panel titanium dioksida yang mengelilinginya. Reaksi fotokatalis ini menghasilkan spektrum panas yang sangat disukai nyamuk, karena mirip dengan panas tubuh manusia.

Penyaringan Air
Kita dapat menemukan berbagai produk untuk menyaring air hingga bisa diminum. Dengan menggabungkan berbagai teknologi nano, produk ini mampu menyaring bakteri dan virus sumber penyakit, menyingkirkan racun dari dalam tubuh, serta memerbaiki sistem metabolisme dan daya tahan tubuh. Selain itu diklaim mampu memerpanjang kesegaran makanan, seperti ikan, daging sapi dan sayuran.

Sel Bahan Bakar Mini
NEC, salah satu produsen barang elektronik telah menciptakan sel bahan bakar mini yang merupakan satu-satunya baterai alternative yang memunyai kapasitas energy terbesar dalam konversi energi dengan menggunakan proton hidrogen dan oksigen sebagai bahan bakarnya.***

baca juga

ingin komentar

Comment