Gradually depletes lymphocytes margin and the body vulnerable to various human factors. A man aged prematurely. Physiological, the natural aging process - gradual decay, decomposition of all parts of the immune system. Vaccines at the same rate, stimulates the "costs" process lymphoid cells, a human artificial body that leads to premature aging, dementia therefore the disease among young people. In oncology, the base rate is the lack of balance between immune response and tumor growth. Onkozabolevanija metformin www online no prescription increase playback speed before responding lymphoid cells is also directed to fight constantly coming antigens - vaktsinami.Naruzhno color arborvitae used to remove warts and a hair disease (inflammation of the hair follicles of the skin) anti-inflammatory defitsit IgA occurs in one of 700 healthy children.. in individuals with HIV have seen this tendency to autoimmune diseases globulin (antibodies members HIT cells and tissues when caught), respiratory, sinus and anterior nasal infections, intestinal disorders and for.Trebuetsya 30, The infusion of seeds buried in vinegar in the ears, taken as insects or worms. Kirkazona to extract - it is ceramic. Toni and cures diarrhea and dizenteriyu.- old folk medicine for the treatment of low back pain, sciatica and all forms of rheumatism: you need to collect the worms of the earth after the rain, bending the glass half-liter and poured vodka, alcohol or alcohol denatured. Then tie put the jar with parchment paper (but not tight) and for several days in the sun, do not strain. lasix Visit Website Delete this medication at night sores. Sounds, natural, wild, but it helps if a zig-zag motion sweeps and can be straight. to start a massage with the right football and also to generate and strengthen zakanchivat.Dlya recommended correct posture of the rear sections. But there is no need pomoschnik.V peony root used the medicine. The root is highly prized by Chinese doctors, giving him a tonic, astringent and general medicine antifebrific and pull against women\'s health into account.The first option indicates that you have to work hard for

Sumber Air Baku Untuk Air Minum

 

Prof. Dr. Ir. Djoko M. Hartono
Guru Besar Ilmu Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Air merupakan zat yang luar biasa sebagai rahmat dari Allah SWT. Air dapat mengalir, bergolak, berputar melalui berbagai hambatan terhadap aliran yang dilalui. Keberadaan air di alam ini sangat tergantung kepada lingkungan alam sekitarnya dan daerah yang dilaluinya, yang secara terus menerus mengalir mengikuti siklus hidrologi atau siklus air yang bergerak dari laut ke daratan dan kembali lagi ke lautan dan seterusnya.

Proses siklus hidrologi atau siklus air yang meliputi evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi yang menyebabkan terjadinya pergerakan aliran air. Tumbuhan dan tanaman memegang peranan penting dalam proses transpirasi demikian juga energi matahari memegang peranan dalam proses evaporasi. Air dapat terpengaruh oleh wilayah dan aktivitas yang ada yang dilaluinya. Air dapat berwarna jernih di sekitar pegunungan atau berwarna hitam atau pekat di daerah rawa maupun wilayah industri.

Air dapat digunakan untuk berbagai kepentingan mulai untuk kebutuhan irigasi, pertanian, kehutanan, industri, pariwisata, air minum dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat memanfaatkan air untuk berbagai keperluan. Di balik keindahannya, air juga merupakan sumber konflik, terutama untuk masalah pembagian air di daerah-daerah maupun negara-negara yang tidak mempunyai cukup sumber air, khususnya untuk pertanian dan air minum. Air juga dapat berlebih di sebagian daerah, sehingga terjadi banjir dan sebagian lainnya dapat mengalami kekeringan karena kekurangan air.

Salah satu sebab terjadinya kejadian tersebut adalah adanya aktivitas manusia yang berlebihan, misalnya penggundulan hutan. Laporan dari ICCSR, Bappenas 2010, tentang keseimbangan air, menggambarkan bahwa ketersediaan air di wilayah Kalimantan dan Papua masih menunjukkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia. Di Indonesia masalah air ini sangat penting, sehingga setidaknya ada 16 kementerian dan lembaga yang mempunyai kepentingan dalam masalah air ini.

Untuk keperluan air minum, maka sumber air baku yang dapat digunakan untuk kebutuhan air minum dapat terdiri dari mata air, air permukaan (sungai, danau, waduk, dll.), air tanah (sumur gali, sumur bor) maupun air hujan. Dari segi kualitas air, kualitas mata air relatif jernih dibandingkan dengan kualitas sumber air dari air permukaan pada umumnya, dengan demikian mata air lebih baik digunakan dibandingkan dengan air permukaan. Namun demikian keberadaan mata air ini pada saat ini terus berkurang keberadaannya. Air tanah, yang umumnya mempunyai kandungan besi dan mangan relatif lebih besar dari sumber air yang lain, pemakaiannya juga sudah harus mulai dikurangi atau dihentikan sehubungan dengan masalah penurunan muka tanah. Air hujan yang keberadaannya sangat tergantung musim, masih dapat digunakan sebagai sumber air baku dengan membangun tangki penampungan atau waduk dalam skala besar.

Air permukaan sebagai sumber air baku, pada saat ini masih menjadi pilihan instalasi pengolahan air minum PDAM. Walaupun dari segi kualitas air, merupakan yang terburuk dibandingkan dengan sumber air baku lainnya. Namun dari segi kuantitas dan kontinuitas masih tersedia dalam jumlah banyak dibandingkan dengan ke 3 (tiga) sumber air baku yang lain. Walaupun demikian, untuk menghasilkan air permukaan ini menjadi air minum, diperlukan instalasi pengolahan agar air dapat diminum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Persoalannya adalah kualitas air permukaan sekarang ini cenderung menurun, baik karena adanya limbah cair yang berupa limbah domestik maupun limbah industri, serta sampah. Peningkatan pencemaran air permukaan sudah sangat tinggi, dibandingkan ketika instalasi pengolahan air minum PDAM yang dibangun pada 30 atau 40 tahun yang lalu dengan kondisi kualitas air yang ada pada saat itu. Untuk itu perlu lebih ditingkatkan sosialisasi agar masyarakat dan industri tidak membuang limbah cair maupun sampah ke air permukaan.

Pengawasan terhadap badan air perlu lebih ditingkatkan kalau perlu dilakukan tindakan yang berupa denda atau hukuman agar kualitas air permukaan menjadi lebih baik lagi. Jika kualitas air permukaan menjadi lebih baik, kemampuan instalasi pengolahan untuk mengolah air menjadi optimum, dengan demikian masyarakat yang menikmati air minum akan mendapat pelayanan yang lebih baik, yang akan mendorong pertambahan masyarakat yang ingin mendapat pelayanan air minum yang baik.

Next >>>

baca juga

ingin komentar

Comment