Pengurus Pusat

pengurus pusat

Berkarir lebih dari 25 tahun di berbagai perusahaan infrastruktur nasional dan multinasional, Heru Dewanto berpengalaman menangani berbagai proyek infrastruktur lintas sector. Mulai dari proyek rumah susun, manajemen limbah dan air, rel kereta api, jalan tol, LRT, hingga proyek pembangkit tenaga listrik. Dalam masa kepemimpinannya di Cirebon Power, Heru Dewanto berhasil membawa konsorsium multinasional milik Indika Energy itu meraih 4 penghargaan nasional dan internasional. Infrastruktur bukan hal yang baru bagi Heru Dewanto. Setelah mengantongi 2 gelar master dalam bidang transportasi publik dari perkeretaapian dari perguruan tinggi di Austria dan Inggris, Heru Dewanto meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia dalam bidan industry kelistrikan.
Dr. Ir. Heru Dewanto, ST., M.Sc.(Eng.), IPU., ASEAN Eng.

Ketua Umum

Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU.

Wakil Ketua Umum

Warga Negara Indonesia, usia 58 tahun, bertempat tinggal di Jakarta. Berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam manajemen umum dan manajemen proyek di minyak dan gas, telekomunikasi, pertambangan, logistik dan listrik di berbagai perusahaan global dan perusahaan nasional terkemuka. Direktur di PT.Cirebon Energi Prasarana, PT. Petrosea Tbk (anggota dalam kelompok PT Indika Energy Tbk.), PT Tripatra Engineering, PT Tripatra Engineers & Constructors, sebagai President Director di PT Indika Logistic & Support Services (ILSS). Memimpin tim kerja, manajer proyek, serta direktur pada proyek-proyek PT Exxonmobile Cepu Ltd, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Caltex Pacific Indonesia, PT Exelcomindo Pratama, dan PT Telkom Indonesia. Master of Business Administration (MBA) diraih dari Strathclyde Graduate Business School (SGBS), University of Strathclyde, Glasgow, United Kingdom tahun 1992. Gelar Sarjana Teknik Sipil diperoleh dari Institut Teknologi Bandung tahun 1987. Berbagai training, seminar, dan workshop baik sebagai peserta maupun nara sumber di dalam maupun di luar negeri. Pengalamannya di dalam proyek maupun di korporasi membuatnya diminta untuk memberikan sharing, coaching, maupun mentoring oleh komunitas maupun perusahaan. Beberapa penghargaan pernah diterima a.l. the best construction project both national and international, International Green Era Award dari Honorway International Association of Management Consulting, AsianCoal Power Project of the Year 2016, Asian Power Award 201. Berpengalaman dalam organisasi a.l Anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sejak 1999, Sekretaris Jenderal PII, Ketua Komite Pengembangan Organisasi (Wilayah dan Cabang) PII, Koordinator EPC (Engineering, Procurement, and Construction) APLSI (Asosiasi PerusahaanListrik Swasta Indonesia ), Pendiri dan Koordinator Forum Komunikasi Pengembangan SDM Perusahaan EPC (Engineering, Procurement, and Construction), Ketua Divisi Sektor Konstruksi dan Anggota DPN (Dewan Pimpinan Nasional) APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia). Aktif di beberapa organisasi kesenian dan olah raga.

Ir. Teguh Haryono, MBA.

Sekretaris Jenderal

Sejak 1994 saat mahasiswa akhir, telah bekerja dan menekuni bidang keinsinyuran khususnya pada pekerjaan geoteknik (mekanika tanah) dan bangunan air. Karirnya dimulai sebagai young engineer bekerja di Pusat Antar Universitas (PAU) Teknik di UGM Yogyakarta dalam pekerjaan disain bangunan air seperti bendungan, embung dan lain-lain. Kemudian selama lebih dari sepuluh tahun bekerja sebagai design engineer dan senior sales engineer di perusahaan perkuatan dan perbaikan tanah dengan menggunakan teknologi geosintetik. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi rekayasa harus selalu ditingkatkan, tahun 2007 memutuskan mengambil jedah untuk menempuh pendidikan di jenjang S-2 Magister Teknik (MT) dalam bidang geoteknik di Universitas Indonesia dengan tesis tentang sistem mechanical stabilized earth wall atau dinding penahan tanah dengan perkuatan geosintetik. Setelah mendapatkan gelar MT, mendirikan perusahaan baru yang bergerak dalam bidang engineering, procurement and construction (EPC) specialist dalam pekerjaan perbaikan dan perkuatan tanah; PT GEOFORCE INDONESIA dan duduk sebagai founder sekaligus CEO (chief executive officer). Untuk memperkuat kemampuan bidang keinsinyuran pada tahun 2019, mulai menempuh pendidikan jenjang S-3 di Universitas Indonesia menekuni bidang liquefaction dan geotechnical earthquake engineering. Selain menekuni bidang engineering sebagai bisnis, juga tercatat aktif di organisasi keprofesian sebagai pengurus di asosiasi profesi yakni Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI), asosiasi kontraktor Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (GAPENSI) serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur.

Ir. Dandung Sri Harninto, MT.

Wakil Sekretaris Jenderal

Ir. Muhammad Ade Irfan, ST., MBA., IPM., ASEAN Eng., MPM., CIPM

Wakil Sekretaris Jenderal

Ir. Boy Kurniawan, IPM.

Wakil Sekretaris Jenderal

Dr. Ir. Dimas Angganegoro, MM., IPM.

Wakil Sekretaris Jenderal

Dr. Ir. Arlan Septia Ananda Rasam, MM.

Bendahara Umum

Ir. Muhammad Andika, MM

Wakil Bendahara Umum

Ir. Aprilia Sovietina Chaidir

Wakil Bendahara Umum

Karirnya dimulai sejak S1 Teknik Kimia sebagai asisten dosen Teknologi Minyak Bumi, waktu S2 Ilmu lingkungan UGM asisten Prof. Dr. Salahuddin Djalal Tanjung, M.Sc., Ph.D di UGM dan Prof. Dr. Dibyo Prabowo, M.Sc di Center for Asia Pacifik Studies (PSAP), sambil menulis buku Blibiogafri Beranotasi UKM (Small and Medium Enterprises) diterbitkan oleh PSAP UGM, disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Buku ini ada di Perpustakaan international di Hongkong yang bisa diakses 60 negara, perpustakaan internasional lainya maupun nasional, editor buku menuju Jogya Propinsi Ramah Lingkungan disponsori oleh UNDP (United Nations Development Program), dan Pengelolaan Lingkungan pada Industri Migas (masih dalam bentuk draft ditulis bersama Dr.Ir. Bardi Murachman, SU., DEA). Sebagai lulusan tercepat ke tiga di UGM ditawari kerja di PT Patra Niaga (anak Perusahaan Pertamina trading BBM) lalu pindah ke PT Elnusa Tbk, pada waktu di Elnusa penghargaan yang diterima tingkat Nasional bersama tim diantaranya: Inovasi Peningkatan Produksi Minyak secara Eksponensial untuk Mendukung Target Produksi Nasional dengan Menggabungkan 4D Seismic Resolusi Tinggi & Surfactant, GCG sebagai Sebuah Sistem, GCG Prespektif Management Stratejik, Rancang Bangun Sistem Monitoring Berbasis Web Pemboran pada Mud Logging Unit (nominasi 5). Dosen Luar Biasa di Teknik Industri Universitas Trisakti mata kuliah Pengelolaan Industri Ramah Lingkungan, Pengembangan Bisnis, Metodologi Penelitian, asisten Prof. Dr. Salahuddin Djalal Tanjung, M.Sc, Ph.D di MM UGM, Advisor Exsecutive PT Titis Sampurna Inspection (oil and Gas), Director of PT Bilitonica Indomatra Consultant (Urban and Regional Planning Environmental Studies), Business Development Director PT Elim (kontraktor), Marketing and Business Development di PT BMI (Gas). Tahun 2012 Mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Selamat Sri (STIESS) sekaligus sebagai Direkturnya, tahun 2016 Pendiri & Rektor pertama Universitas Selamat Sri di Kendal (UNISS: 6 Jurusan Teknik & 4 Jurusan Sosial), tahun 2020 Pendiri dan Ketua Yayasan Nur Saadah Dimyati.

Ir. Nur Sa’adah, M.Si., IPU., ASEAN Eng.

Wakil Bendahara Umum

Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M. Eng, IPU berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Lahir pada tanggal 09 Januari 1960. Pernah menjabat sebagai Dirjen Penyediaan Perumahan & Dirjen Bina Konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Saat ini sebagai anggota Tim Komite Keselamatan Konstruksi yang sebelumnya sebagai Ketua Komite K2 berupaya melakukan pencegahan terjadinya kecelakaan konstruksi dengan menjadikan SMK3 sebagai kegiatan utama dalam proyek. Rekayasa Teknologi konstruksi kedepan akan lebih didominasi IT termasuk BIM yang berkembang menjadi generasi baru. Teknologi konstruksi dengan metode Trenchless akan berkembang kedepan, utamanya pembangunan di kota yg padat. Dunia jasa konstruksi kedepan akan banyak membutuhkan badan usaha dan tenaga kerja spesialis.

Dr. Ir. Syarif Burhanuddin, M.Eng., IPU

Ketua Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ade Sjafruddin lulus S1 Teknik Sipil ITB (1985), dan kemudian M.Sc. (1990) dan Ph.D. (1993) bidang Transportation Engineering dari Technical University of Denmark (DTU). Sebagai Dosen ITB sejak 1987-sekarang Ade Sjafruddin konsisten berkiprah di bidang Rekayasa Transportasi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, telah meluluskan lebih dari seratus bimbingan di tingkat S1, S2, maupun S3, serta aktif dalam melakukan penelitian serta menghasilkan karya-karya ilmiah berupa publikasi di jurnal ilmiah dan prosiding seminar nasional maupun internasional, menjadi anggota komite ilmiah di beberapa jurnal dan konferensi bidang Transportasi, serta menjadi pengurus di beberapa organisasi nasional dan internasional. Tugas-tugas di ITB yang dijalani di antaranya Sekretaris dan Ketua Jurusan Teknik Sipil (2002-2005), Anggota Komisi Penelitian dan Board of Reviewer di LPPM (2009-2015), Wakil Dekan bidang Akademik FTSL (2011-2015), dan Dekan FTSL (2015-2020). Pada September 2011 dianugerahi jabatan akademik Guru Besar dalam bidang Perencanaan dan Ekonomi Transportasi. Pengalaman profesionalnya diwarnai dengan memberikan jasa konsultansi dalam bidang rekayasa transportasi yang mencakup perencanaan transportasi, studi kelayakan, perencanaan angkutan umum, desain prasarana transportasi, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini umumnya dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti Perhubungan, Pekerjaan Umum, Ristek, Pemda, Bappenas, Bappeda, DLLAJ, operator transportasi, dan sebagainya. Sepanjang karirnya beberapa penghargaan telah diterima oleh Ade Sjafruddin, yaitu Satyalancana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun, penghargaan “The Best Paper Award for Enlightening Asia Specific Topic” pada 8th International Conference of Eastern Asia Society for Transportation Studies (EASTS) 2009, serta Penghargaan Pengabdian 25 Tahun ITB.

Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D.

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Berkarir lebih dari 30 tahun di PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk, salah satu perusahaan jasa konstruksi handal Indonesia, Zali Yahya saat ini menduduki jabatan Direktur. Gelar insinyur diperolehnya dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan magister manajemen dari Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya. Selama karirnya, Zali Yahya terlibat aktif dalam pencapaian perusahaan menjadi salah satu pioner dalam hal metode konstruksi, sertifikasi internasional Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L), perusahaan publik (Tbk), dan investasi (PPP/KPBU). Pengalaman berorganisasi Zali Yahya antara lain pernah menjabat Ketua Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) DKI dan Nasional, Sekretaris Jenderal Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) dan saat ini masih menduduki jabatan sebagai pengurus Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI), penasihat AKI dan tahun ke sepuluh Board Member of International Federation of Asian & Western Pacific Contractors’ Associations (IFAWPCA).

Ir. Zali Yahya, MM.

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Yaya Supriyatna Sumadinata, M.Eng.Sc.

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Ferry Hardiyanto

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Agung Budi Waskito

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Brawijaya, SE, ME., IE., MSCE., Ph.D., IPU

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Chairul Syahri

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. Alex Iskandar, PMP., RMP.

Anggota Bidang Rekayasa dan Konstruksi

Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si., IPU.

Ketua Bidang Industri

Berkarir di bidang professional selama 20 tahun sejak lulus dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember bidang studi Marine Engineering. Menjadi Marine Certified Analyst di PT Trakindo Utama pada waktu awal berkarir membuat Heru Hermawan dapat mengembangkan keahliannya di dalam bidang audit marine engine installation. Beberapa inovasi produk untuk menjawab tantangan industri pada bidang kemaritiman telah membuat Heru Hermawan mendapat penghargaan dari prinsipalnya di Amerika Serikat. Tahun 2009, Heru Hermawan telah mengembangkan telematik untuk marine engine dan mengenalkannya di dalam industri maritim Indonesia untuk menjawab ketidakefisiensian konsumsi bahan bakar di kapal tug boat pengangkut batu bara. Saat ini, Heru Hermawan memegang portfolio bisnis di berbagai bidang keenergian di tempatnya meniti karir profesional. Mulai dari sektor renewable energy, oil and gas, marine, pembangkit listrik serta sektor dewatering. Kompetensi pengelolaan bisnis di dapatkannya melalui pendidikan formal master degree di Prasetya Mulya Business School Jakarta yang lulus pada tahun 2009.

Ir. Heru Hermawan

Anggota Bidang Industri

Ir. Elfien Guntoro, MBA.

Anggota Bidang Industri

Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto, M.Eng., IPU.

Anggota Bidang Industri

Dr. Ir. Dodi Rahardi

Anggota Bidang Industri

Ir. Rudi Andriana

Anggota Bidang Industri

Ir. Mursyid Suyadi

Anggota Bidang Industri

Dr. Ir. Milton S. Pakpahan, MM., CERG.

Anggota Bidang Industri

Ir. Mas Wigrantoro Roes Setiyadi SE., M.Si., MPP., CMA., IPU., ASEAN Eng

Anggota Bidang Industri

Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, M.Sc. IPU.

Ketua Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Ilda Harmyn

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Tino Ardyanto

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Muhammad Rudy

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Clauss Wamafma

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Deny Rianto

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Joko Pramono

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Ir. Subagio

Anggota Bidang Sumber Daya Mineral

Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM., IPU.

Ketua Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Berkarier sebagai rimbawan profesional lebih dari 30 tahun, dimulai sebagai konsultan perkayuan di Bogor, PNS di Kanwil Kehutanan Propinsi Irian Jaya, dan akhirnya malang-melintang di BUMN Kehutanan. Lulus Sarjana/S1 Kehutanan IPB (1984), melanjutkan pendidikan magister/S2 di Prasetiya Mulya Business School (lulus 1993), dan pendidikan doktor/S3 Ekonomi Pertanian IPB (lulus 2010). Jabatan yang pernah diemban, antara-lain : Direktur Pengembangan PT Inhutani II (2001-2005), Direktur Keuangan Perum Perhutani (2005-2008), Direktur Hutan Tanaman PT Musi Hutan Persada (2009-2012), dan Direktur Utama PT Inhutani II (2012-2017). Kini menjadi CEO Pusat Studi BUMN Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Sekjen Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan Indonesia (FK-MPI), serta Wakil Ketua Umum DPP Persatuan Sarjana Kehutanan Indonesia (Persaki). Pengalaman kerja profesional yang ditangani antara-lain : membangun Hutan Tanaman Meranti di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat, membangun Hutan Tanaman Industri seluas 31.000 ha/tahun di Sumatera Selatan, pengelolaan kayu mewah (fancy-wood) Ebony di Sulawesi Tengah, serta rehabilitasi areal eks tambang di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Berbagai prestasi dan penghargaan telah diperoleh, antara-lain : Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI (10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun).

Dr. Ir. Tjipta Purwita, IPU

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Prof. Dr. Nengah Surawijaya

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Fairus Mulia, IPU

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Helmi Basalamah, MM., IPU

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Arnanto Nurprabowo, IPU

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Eddy Martono, MM.

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Aradea Arifin, MBA.

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Ir. Roni Pramaditya

Anggota Bidang Kehutanan, Pertanian dan Perkebunan

Berkarier selama 33 tahun sebagai Aparatur Sipil Negara, dimana selama hampir 9 tahun menjabat Asisten Deputi Kementerian BUMN yang menangani BUMN Energi serta selama 24 tahun sebagai regulator dibidang Ketenagalistrikan Kementarian ESDM dengan jabatan terakhir Direktur Jenderal Ketenagalistirkan.  Selama menjabat Direktur Jenderal Ketenagalistrikan dari tahun 2011 s/d tahun 2017, melalui Dana APBN Listrik Perdesaan, Jarman telah dapat mendorong program pembangunan jaringan listrik dan gardu distribusi serta program sambungan rumah dan instalasi listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu, sehingga terjadi peningkatan rasio elektrifikasi yang sangat signifikan di seluruh Indonesia. Selain itu, banyak regulasi dibidang ketenagalistrikan sebagai penjabaran UU No.30 th.2009, berupa 3 Peraturan Pemerintah, beberapa keppres dan beberapa Permen, termasuk peraturan-peraturan mengenai keselamatan ketenagalistrikan (K2), berhasil diterbitkan dan di implementasikan

Ir. Jarman , M.Sc., IPU., ASEAN Eng

Ketua Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Dipl. Ing. Andri Doni, IPU.

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Triharyo Susilo, M.Si.

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Ahmad Rofiq

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Machnizon Masri, MBA., IPU

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Andilo Reza Harahap, M.Sc., IPM.

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

 Ir. Gde Pradnyana M.Sc., Ph.D.

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Edra Emilsa

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Petrus Sihono

Anggota Bidang Energi dan Ketenagalistrikan

Ir. Bambang Triwibowo, IPU., ASEAN. Eng.

Ketua Bidang Sumber Daya Air

Prof. Dr. Budi W. S.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Edy Juharsyah, M.Tech.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Eko Winar Irianto, MT., IPM

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Bambang Hernowo, MA.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Barce M. Simarmata, M.Sc.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. M. Selim

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Muswendry Evytes, Dipl.SE.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Fajar Eko Antono, ST., M.Sc.

Anggota Bidang Sumber Daya Air

Ir. Gilarsi Wahyu Setijono, MBA.

Ketua Bidang Logistik

Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia, IPU

Anggota Bidang Logistik

Ir. Bugi Pujotomo

Anggota Bidang Logistik

Ir. Anantha Dewandono, MBA., CSLP.

Anggota Bidang Logistik

Ir. M. Basyah

Anggota Bidang Logistik

Ir. Rocky J. Pesik, MBA.

Anggota Bidang Logistik

Ir. Sitta Farida Abdullah, ST., MBA., IPM

Anggota Bidang Logistik

Ir. Polana Banguningsih Pramesti, M.Sc.

Ketua Bidang Transportasi

Prof. Dr. Danang Parikesit, IPU.

Anggota Bidang Transportasi

Prof. Dr. Agus Taufik Mulyono, IPU.

Anggota Bidang Transportasi

Prof. Dr. Harun Al Rosyid, IPP

Anggota Bidang Transportasi

Ir. Zulfikri, M.Sc., DEA., IPU

Anggota Bidang Transportasi

Dr. Agung Wicaksono, M.Sc., MBA.

Anggota Bidang Transportasi

Ir. Bambang Prihartono, MSCE.

Anggota Bidang Transportasi

Ir. Edi Sukmoro, M.Sc.

Anggota Bidang Transportasi

Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid, M.Sc., MM.

Ketua Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Prof. Dr. Bakti Setiawan

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. Soelaeman Soemawinata, MM.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Dr. Ir. Abdul Kamarzuki, M.P.M.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Dr. Ir. Oswar M. Mungkasa, MURP.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. Hadi Sucahyono, Ph.D., M.P.P

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. Kuswardono, MCP.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. Arief Sabaruddin, CES.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. Tri Joko Samiyono. IPM.

Anggota Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan

Ir. David Bangun, M.Eng., IPU.

Ketua Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Ir. Herlan Wijanarko, MM., IPM.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Dr. Ir. Mohammad Mustafa Sarinanto, IPU.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Ir. Ivan Cahya Permana, IPM.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Dr. Ir. Denny Setiawan, ST., MT., IPM.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Ir. Abdul Kohar, IPM.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Ir. Januar Setyo Widodo, MBA.

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Ir. B. Hendriyanto

Anggota Bidang Teknologi Informasi & Telekomunikasi

Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc.

Ketua Bidang Kemaritiman

Lulusan Srjana Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mulai meniti karir di Sektor Maritim tahun 1999 yaitu pada Pelayaran Nasional kapal penumpang dan kendaraan. Menangani tentang armada kapal, system logistic, Asuransi Kapal sampai System Manajemen Keselamatan Kapal. Tahun 2007 sampai sekarang menggeluti karir pada industri Galangan Kapal Nasional sebagai Direktur Produksi dan 2014 sampai sekarang menjadi President Director. Dengan lingkup usaha yang dijalankan adalah melakukan reparasi dan membangun seluruh type kapal di Indonesia baik pesanan swasta maupun Pemerintah. Beberapa kapal yang dibangun diresmikan oleh Presiden RI. Selain itu aktif di Organisasi Galangan Kapal sebagai Wakil Ketua Iperindo. Serta aktif sebagai Sekjen Ikatan Alumni FTK ITS. Tahun 2018 mendapatkan penghargaan Anugerah Wira Adhiwasesa atas kontribusinya kepada ITS.

Ir. Anita Puji Utami

Anggota Bidang Kemaritiman

Prof. Dr. Nur Yuwono

Anggota Bidang Kemaritiman

Ir. Thomas Darmawan

Anggota Bidang Kemaritiman

Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc.

Anggota Bidang Kemaritiman

Dr. Ir. Rahman Hidayat, M. Eng.

Anggota Bidang Kemaritiman

Ir. Anang Hermanta

Anggota Bidang Kemaritiman

Dr. Herman Fithera, ST.,MT., IPM.

Anggota Bidang Kemaritiman

Ir. Tjahjono Roesdianto

Anggota Bidang Kemaritiman

Dr. Ir. Novrizal Tahar, IPM.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Berawal dari menjadi asisten peneliti Dr. William L. Collier & Associates dan di Agriculture Development Council tahun 1981 – 1986. Kemudian bergabung dengan Badan Litbangtan sebagai CPNS, namun harus ditinggalkan karena justru diangkat menjadi PNS dan ditempatkan di Faperta Universitas Bengkulu. Hanya bertahan menjadi PNS sampai tahun 1996, mengundurkan diri dan menetap di Bandung dengan mengelola PT. Citra Buana Selaras yang kemudian berganti nama menjadi PT Citra Buana Serasi, perusahaan konsultan yang khusus bergerak studi kelayakan lingkungan hidup, audit lingkungan, pemantauan lingkungan, dll.

Ir. Sitti Wahyuna Bintari, M.Sc., IPM.

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Sitta Farida berpengalaman di dunia infrastruktur Indonesia sejak tahun 1996. Setelah lulus kuliah S1, bekerja di sebuah kontraktor nasional di Jakarta dengan spesialiasi di bidang pembangunan jalan tol dan bangunan sipil lainnya. Pada periode 1999-2005 mengambil sekolah S2 di bidang international management dan bekerja di bidang keuangan di Jerman, Malaysia dan Singapura. Awal tahun 2005 kembali ke Indonesia setelah bekerja di sebuah konsultan corporate finance di Singapura. Sitta kembali ke dunia keinsinyuran dengan mendirikan perusahaannya sendiri di Jakarta, yang bergerak di bidang kontraktor, properti dan perdagangan. Sitta mempunyai passion di bidang green building, sustainability dan property. Sitta Farida meraih gelar Sarjana Teknik di bidang Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1996 dan gelar Master of Business Administration pada tahun 2001 dari FH Nürtingen, University of Applied Science di Jerman (sekarang bernama HfWU Nürtingen-Geislingen).

Ir. Sitta Farida Abdullah, ST, MBA, IPM

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Ir. Achmad Hafisz Tohir, MBA

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Dr. Ir. Budi Kurniawan, M.Sc.

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Dr. Ir. Benno Rahardyan, MT.

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Ir. Rudy Abdul Rahman

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Ir. Shinta Indriani

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Dr. Jatmika Adi

Anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H.

Ketua Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Dr. Ir. Hanief Arief, MAP.

Anggota Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Dr. Ir. Siska Tobing

Anggota Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Ir. Santhi Sierad

Anggota Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Ir. Tri Wahyu Widodo, HNDL.Chem., M.Sc.

Anggota Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Ir. Sarwi Notoatmodjo

Anggota Bidang Industri Kreatif dan Inovasi Sosial

Ir. Hiramsyah S. Thaib.

Ketua Bidang Kepariwisataan

Insinyur Teknik Sipil Universitas Indonesia, Tahun 1996, Pendidikan Amdal, Tahun 2001, Properti Analis (CPA), Tahun 2002, LEMHANAS RI Bagi Pengusaha Real Estate, Tahun 2016 Dan Pasca Sarjana, Tahun 2020. Memulai Karir Di Perusahaan Konsultan Engineering, Lalu Bergabung Dengan BUMD DKI PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. Tahun 1997, Sebagai Engineer Menangani Perencanaan, Revitalisai & Reklamasi Ancol, Perijinan , Legal Tanah Dan Operasional HPL. Karir Manjemen Dimulai Tahun 2004, Saat Menjadi GM Kawasan Property Ancol & Kawasan Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol. Karir Di Marketing Saat Menjadi GM Marketing Perumahan & Apartemen Premium Kawasan Ancol. Dalam Bidang Pengembangan Usaha Melaksanakan Usaha Air Bersih (RO), Mengembangkan Usaha Rekreasi Dan Property Di Jakarta & Luar Jakarta, Usaha Jalan Tol, Rencana Usaha KEK Marunda. Pada Tahun 2018, Melakukan Pensiun Dini, Selanjutnya Berkecimpung Di Bidang Energi Sebagai Pengurus Di Beberapa Perusahaan Gas Dan Batu Bara PMA & PMDN, Aktif Dalam Organisasi Profesi & Yayasan Pendidikan.

Ir. John Maleakhi

Anggota Bidang Bidang Kepariwisataan

Ir. Ari Prasetyo, MUP

Anggota Bidang Bidang Kepariwisataan

Abdulbar, B.Arch., MBA.

Anggota Bidang Bidang Kepariwisataan

Caesar Indra, B.Sc., MBA.

Anggota Bidang Bidang Kepariwisataan

Dr. Ing. Ir. Widjo Kongko, M.Eng.

Ketua Bidang Mitigasi Bencana

Karir sebagai dosen dan peneliti pada Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan-Institut Teknologi Bandung sejak tahun 1986. Melakukan beberapa penelitian tentang infrastruktur teknik sipil, khususnya pada bidang rekayasa geoteknik, fondasi bangunan, dan teknik kegempaan. Pernah bertugas menjadi Ketua Pusat Mitigasi Bencana – ITB tahun 2005-2010. Selain bidang pendidikan dan penelitian, juga aktif berprofesi pada disain geoteknik dan fondasi bangunan tinggi. Menjadi anggota Tim Penasihat Kontruksi Bangunan (TPKB) DKI-Jakarta sejak tahun 1994 sampai sekarang. Sampai saat ini juga menjadi Anggota Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), PUPR. Menjadi anggota aktif dan inti dalam penyusunan SNI Bangunan Tahan Gempa Indonesia, aktif dalam asosiasi profesi, pernah bertugas sebagai Ketua Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) Komda Jawa Barat , serta salah satu Ketua Bidang HATTI Pusat sampai tahun 2019. Sampai saat ini, sebagai Ketua Asosiasi Ahli Rekayasa keGempaan Indonesia (AARGI).

Prof. Ir. I Wayan Sengara, MSCE., Ph.D.

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Ir. Dody Ruswandi, MSCE.

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Dr. Surono

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Ir. Agus Wibowo, M.Sc.

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Elkana Catur Hardiansah, ST. MT., IPP

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Ir. Edward Abdurrahman, M.Sc.

Anggota Bidang Mitigasi Bencana

Ir. Eka Suharto

Ketua Komite Keanggotaan dan Registrasi & Ketua Badan Pelaksana Keanggotaan dan Registrasi

Willy Sakareza, ST., IPM

Anggota Komite Keanggotaan dan Registrasi

Ir. Suhada, MBA., IPM

Anggota Komite Keanggotaan dan Registrasi

Ir. Muhammad Sapri Pamulu, M.Eng. Ph.D.

Anggota Komite Akreditasi & Sertifikasi

Ir. Raymond N. Rasfuldi, IPU., ASEAN Eng

Ketua Komite Kerjasama Internasional

Prof. Michael Goutama

Wakil Ketua Komite Kerjasama Internasional

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM

Anggota Komite Kerjasama Internasional

Ir. Nurmiadji Sukasdewa

Anggota Komite Kerjasama Internasional

Ir. Dibyanto Habimono Koesoebjono, IPU., ASEAN Eng

Anggota Komite Kerjasama Internasional

Dr. Ir. Rudy Salahudin, MEM.

Ketua Komite Pendidikan dan Pelatihan Profesi & Ketua Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Ir. Habibie Razak, MM., IPM., ASEAN.Eng.

Anggota Komite Pendidikan dan Pelatihan Profesi

Ir. Andi Taufan Marimba, MM., MBA., IPM.

Anggota Komite Pendidikan dan Pelatihan Profesi

Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU.

Ketua Komite Penjaminan Mutu

Dr. Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D, IPM.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Dr. Wahyu Purbowasito, M.Sc.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE., IPM.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Ir. I Kayan Sutrisna, IPU.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Hendratmoko, ST., MM., IPM

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Heru Suseno, S.Pi., MT.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Dr. Wahyu Purbowasito, M.Sc.

Anggota Komite Penjaminan Mutu

Ir. Akhmad Suradji, MT, Ph.D., IPM.

Ketua Komite Advokasi

Berkari dibidang teknik Penerbangan lebih dari 30 tahun di berbagai bidang seperti menangani Bidang Perawatan, Engineering dan Quality Assurance, serta Investigasi Keselamatan Transportasi Penerbangan Nasional , Masruri juga melakukan kegiatan proyek penelitian terkait dengan sistim pemantauan tinggi permukaan air di ats landasan pacu bersama dengan Badan Litbang Penerbangan dan Perguruan Tinggi,

Ir. Masruri Abdul Hakim, MM., IPU.

Anggota Komite Advokasi

Prof. Dr. Ir. F. Sarwono Hardjomuljadi, M.Sc., MH.

Anggota Komite Advokasi

Ali Nurdin, ST., SH.

Anggota Komite Advokasi

Ir. Alif Usman Amin, ST., IPM., ASEAN.Eng.

Anggota Komite Advokasi

Ir. Purba Robert Mangapul Sianipar, MSCE., MSEM., Ph.D., IPM.

Ketua Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Berkarir dalam birokrasi lebih dari 30 tahun di beberapa kementerian dan korporasi, Maruhum Batubara berpengalaman menangani dokumen perencanaan strategis bidang Kreativitas dan Inovasi Teknologi, Industri, permukiman dan perumahan, BUMN Karya, serta melakukan diseminasi informasi kepada publik dari hasil kegiatan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan nasional. Di Korporasi Ia mendorong percepatan pembangunan rumah susun dan pemanfaatan efisiensi lahan. Ph.D in Urban and Environmental Systems, University of Tsukuba - Japan ini mendapat penghargaan dari Asosiasi Pembangunan Perumahan Jepang atas rekomendasi kebijakan pembangunan perumahan di DKI Jakarta; Ia juga peserta PPSA – 19 Lemhannas yang lulus “Dengan Pujian”.

Dr. Ir. Maruhum Batubara, MPA., IPU.

Anggota Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Ir. David GK. Ketaren

Anggota Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Ir. Agus Priyatno

Anggota Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Ir. Lukman Hakim, M.Sc.

Anggota Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Raja Malem Tarigan, ST., M.Si.

Anggota Komite Kerjasama antar Lembaga dan Kementerian

Setelah lulus pada tahun 2000 dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, setahun kemudian memulai karier sebagai ASN di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada unit Inkubator Teknologi yang memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya start-up (perusahaan pemula berbasis teknologi) di Indonesia. Peraih Magister dari Universitas Indonesia, Doktor dari Universitas Padjajaran pada bidang public administration (public policy), dan mendapat gelar Profesi Insinyur melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) dari Universitas Muslim Indonesia, sejak kuliah aktif digerakan mahasiswa 1998, selanjutnya pada tahun 2008 menjadi Ketua Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM PII). Minat pada bidang kebijakan publik, mengantarkan keterlibatan dalam proses lahirnya Undang Undang No. 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksana Undang Undang No. 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran serta Peraturan Keorganisasian PII lainnya.

Dr. Ir. Qiqi Asmara, M.Si, IPM.

Ketua Komite Pengembangan Organisasi

Dr. Ir. Eden Gunawan, MM., IPM., AER.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Dr. Ir. Doedoeng Zaenal Arifin, MT., IPM.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Dr. Ir. Audie Rumayar, M.Eng, IPU.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Muammar Muhayang, ST., IPM., ASEAN Eng.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Dr. Ir. Is Primananda, IPM.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Romanus Mbaraka, MT.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Taufik Nur, ST., MT., IPM., ASEAN.Eng.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Chairul Razak, ME.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Andira Reoputra, Dipl., MAURP.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Hadi Santoso, ST., MM., IPM.

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Dr. lr. Isradi Zainal, MT., MH., MM., CAAE, lPU, ASEAN.Eng

Anggota Komite Pengembangan Organisasi

Ir. Kiki Taher

Ketua Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan

Joi Surya Dharma, ST, M.Eng., MBA.

Anggota Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan

Ir. Bimo Bayu D. Nimpuno, MBA., IPM.

Anggota Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan

Ir. Hardanto Soebagyo

Anggota Komite Komunikasi, Media, dan Penghargaan

Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA., IPU

Ketua Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur

Prof. Ir. Suryo Purwono, MA.Sc., Ph.D.

Anggota Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur

Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN.Eng.

Anggota Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur

Ir. Benny Dwika Leonanda, ST., MT., IPM.

Anggota Badan Pelaksana Program Profesi Insinyur

Ir. Mas Wigrantoro Roes Setiyadi SE., M.Si., MPP., CMA., IPU., ASEAN Eng

Ketua Badan Pelaksana Lembaga Sertifikasi Kompetensi Insinyur (LSKI) dan Akreditasi HKK

Ir. Faizal Safa, ST., MSc., IPU. ASEAN Eng

Direktur Eksekutif Badan Pelaksana Kesekretariatan

Ir. Mucharom Ahmadi

Wakil Direktur Eksekutif Kesekretariatan