Satu Langkah Menuju Humanoid

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Jika anda penggemar film fiksi ilmiah, tentu ada mengenal tokoh Data dari seri Star Trek Next Generation, robot yang dapat berinteraksi layaknya manusia, seperti juga yang bisa kita lihat dalam film yang melibatkan tokoh yang disebut Cyborg. Robot yang berbentuk manusia ini dikenal dengan nama Humanoid.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mewujudkan humanoid yang dapat mendekati sifat-sifat manusia. Salah satunya yang dilakukan sebuah perusahaan rintisan di bidang sintetik, Ras Labs, yang bekerja sama dengan International Space Station untuk melakukan uji coba terhadap sebuah material pintar yang dapat bereaksi layaknya jaringan hidup, yaitu yang dapat berkontraksi dan bereaksi seperti otot manusia ketika melakukan berbagai kegiatan.

Penelitian ini diawali dengan ketidaksengajaan. Saat sedang melakukan percobaan kimia, Lenore Rasmussen, memasukkan sebuah formula yang salah, sehingga menghasilkan sebuah zat berbentuk agar-agar (jelly).

Salah satu pendiri Ras Labs ini kemudian menyadari bahwa jelly ini bereaksi mirip dengan otot yang sedang bekerja. Ketika dialiri arus listrik, material itu dapat berkontraksi dan mengembang. Karena temuan ini, Rasmussen kemudian meneruskan penelitian dan percobaan untuk mengembangkan sebuah material yang terlihat, terasa, dan bereaksi dan dapat digunakan oleh manusia.

Menurut rencana pengembangannya, material ini diharapkan dapat menjadi awal untuk pembuatan lengan atau kaki buatan yang memiliki semua kemampuan otot asli pada lengan dan kaki manusia. Saat ini masih dilakukan berbagai uji coba untuk semakin menyempurnakan material tersebut.

Ke depannya, selain sebagai materi utama lengan dan kaki buatan yang dapat diguanakan oleh orang-orang yang kehilangan kedua anggota tubuh itu, materi ini juga dapat dikembangkan untuk digunakan dalam pembuatan humanoid yang dapat membantu dan memermudah pekerjaan manusia, termasuk humanoid yang dapat digunakan dalam bidang kedokteran.***

baca juga

ingin komentar

Comment