Roadshow BK-HUT PII dari Kota Hujan menuju Kota Daeng, 8 & 10 April 2017

Badan Kejuruan Kehutanan di bawah kepemimpinan Ir. Tonny Hari Widiananto bersama pengurus lainnya mengadakan roadshow ke daerah-daerah melaksanakan Lokakarya Sertifikasi Insinyur Profesional (LSIP) dalam rangka mensertifikasi para Insinyur yang bekerja di sektor kehutanan. LSIP kali ini diadakan di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Tanggal 8 April 2017 dan dilanjutkan dengan LSIP yang diadakan di Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin.

“Komitmen untuk mensertifikasi para professional lulusan Sarjana Kehutanan adalah suatu keharusan sesuai amanah UU No. 11 Tahun 2014” papar Ir. Tonny pada acara LSIP IPB. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 peserta yang mayoritas adalah tenaga pengajar Fakultas Kehutanan dan sebagian dari Fakultas Pertanian IPB.

LSIP kali ini menghadirkan beberapa instruktur dari PII Pusat antara lain: Ir. Achmadi Partowijoyo, IPU membawakan kuliah tentang Pengenalan Sertifikasi Insinyur Profesional dan Bakuan Kompetensi Sertifikasi PII, Ir. Istanto Oerip dengan materi Sosialisasi UU Keinsinyuran dan Kode Etik Profesi dan pada sesi terakhir Ir. Habibie Razak hadir membawakan kuliah tentang Tata-cara Pengisian Formulir Insinyur Profesional.

LSIP BK-HUT PII ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan IPB Dr. Ir. Rinekso Soekmadi dan kata sambutan oleh PII Pusat oleh Ir. Istanto Oerip dan perwakilan dari BK HUT PII dibawakan oleh Ir. Tonny. Staff PII Pusat yang mendapatkan penugasan di LSIP kali ini dikoordinir oleh Tugiman dan Ita Sulistiawaty.

Roadshow BK-HUT kemudian dilanjutkan di Makassar pada Tanggal 10 April 2017 bertempat di Aula Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Pada sambutannya Ir. Tonny kembali menegaskan bahwa “Insinyur Kehutanan Indonesia lebih diharapkan turut andil di dalam mensukseskan pembangunan nasional dan sudah saatnya kita lebih terbuka bersinergi bekerjasama lintas sektoral untuk mencapai cita-cita bersama”. Prof. Dr. Ir. Yusran pada sambutannya menyampaikan “komitmen F-Hut Unhas untuk mensertifikasi para tenaga pengajar untuk memenuhi syarat minimum Insinyur Profesional Madya (IPM) di bawah naungan fakultas. Saat ini sudah ada 6-7 orang yang telah memasukkan FAIP dan menunggu panggilan wawancara dari Majelis Penilai BK-HUT PII”. Sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan Ir. H.M. Tamsil, MP juga menyampaikan hal serupa.

PII Pusat kembali menurunkan Ir. Habibie Razak sebagai tim instruktur untuk materi Bakuan Kompetensi Insinyur dan Pengenalan Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional dan sertifikasi Insinyur Internasional. Ir. Sapri Pamulu, Ph.D untuk sesi materi Kode Etik Profesi dan Sosialisasi UU Keinsinyuran dan dilanjutkan dengan sesi Tata-cara Pengisian FAIP yang kembali diisi oleh Dr. Ir. Muhammad Rusman, IPM., ASEAN Eng. yang juga saat ini adalah Ketua Cabang PII Makassar.

Hadir pada acara pembukaan Ir. Taufik Nur, MT., IPM., ASEAN Eng. Sekretaris PII Cabang Makassar dan beberapa rekan pengurus BK-Kehutanan PII antara lain Ir. Hadi Amin. Tim khusus PII Pusat yang ditugaskan pada LSIP kali ini Erni Wahyuni dibantu oleh panitia lokal dari BK-HUT PII.
Sesi foto bersama antara peserta, pengurus BKHUT PII dan Instruktur sebelum acara ditutup secara resmi.

Salam Insinyur, Bravo Persatuan Insinyur Indonesia

Reportase: Ir. Habibie Razak, ASEAN Engineer, ACPE – Sekretaris Distribusi Gas.

baca juga

ingin komentar

Comment