PERINGKAT PERGURUAN TINGGI Sepuluh Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Menjelang penerimaan mahasiswa baru, biasanya siswa SMA kelas 12, dan para orangtuanya, sibuk mencari informasi tentang perguruan tinggi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Berbagai kriteria ditetapkan, berbagai data ditelusuri. Salah satu yang dapat digunakan sebagai acuan adalah pemeringkatan yang dirilis oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Agustus 2015.

Dengan menetapkan 4 kriteria penilaian, yaitu kualitas sumberdaya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, kementerian ini menetapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dari sekitar 3.320 perguruan tinggi di Indonesia.

Selain dilakukan penilaian secara keseluruhan, juga ditetapkan perguruan tinggi terbaik pada masing-masing kriteria. Untuk kriteria kualitas sumberdaya manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) ditetapkan sebagai yang terbaik. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) untuk kriteria kualitas manajemen, ITB untuk kualitas penelitian dan publikasi, dan Universitas Gajah Mada (UGM) untuk kriteria kualitas kegiatan mahasiswa.

Direktur Jenderal Kelembagaan Kemenristekdikti, Patdono Suwignyo, menyatakan bahwa pemeringkatan ini dibuat agar ke depannya bisa mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan kapasitasnya. Berikut adalah 10 perguruan tinggi teratas versi Kemenristekdikti.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan nilai total 3.743
2. Universitas Gajah Mada (UGM), dengan nilai total 3.690
3. Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan nilai total 3.490
4. Universitas Indonesia (UI), dengan nilai total 3.412
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dengan nilai total 3.289
6. Universitas Brawijaya (UB), dengan nilai total 3.217
7. Universitas Padjadjaran (Unpad), dengan nilai total 3.075
8. Universitas Airlangga (Unair), dengan nilai total 3.064
9. Universitas Sebelas Maret (UNS), dengan nilai total 3.035
10. Universitas Diponegoro (Undip), dengan nilai total 2.983

baca juga

ingin komentar

Comment