PENEMUAN Microwave Oven

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Banyak penemuan di dunia ini yang tidak disengaja. Salah satunya adalah yang dialami oleh Dr. Percy Spencer saat menemukan microwave beberapa dekade lalu.

Kejadiannya dimulai saat Spencer sedang meneliti kemampuan sebuah radar di Raytheon Company, sebuah kontraktor militer utama Amerika Serikat (AS) yang berkedudukan di Waltham, Massachusetts pada 1945.

Saat Spencer berdiri di dekat sebuah magnetron yang sedang bekerja, tiba-tiba coklat yang ada dalam saku celananya meleleh. Kecerdasan Spencer mendeteksi coklat ini meleleh karena gelombang mikro. Kemudian dia melakukan percobaan kecil lainnya dengan menggunakan biji jagung dan telor yang kemudian meledak.

Meskipun beberapa kali gagal, tapi dia sudah sampai pada kesimpulan bahwa energi dari gelombang elektromagnetik mikro (microwave) yang terpancar dari magnetron itulah yang membuat makanan matang lebih cepat dari pada menggunakan kompor. Simpulan ini mendorong Spencer untuk membuat tabung-tabung magnetron, mendesain oven, dan alat-alat penunjang lainnya.

Pada 1947, penelitian Spencer mulai menampakkan hasil. Ia mengintroduksi oven microwave pertamanya kepada masyarakat untuk pertama kalinya. Namun, pada awalnya, oven ini lebih dikenal dengan anam Radarange. Inggris tercatat sebagai negara dengan persentase yang paling besar menggunakan oven ini. 97 persen rumah tangga memiliki microwave oven.***

baca juga

ingin komentar

Comment