PENEMUAN Global Positioning System (GPS)

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Di jaman modern seperti sekarang ini, perkembangan teknlogi sangat membantu dalam banyak aktivitas manusia. Salah satunya adalah teknologi yang disebut sebagai Global Positioning System atau GPS.

Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) pada awal 1960-an. Melalui alat canggih ini, kita bisa mengetahui berbagai posisi tempat-tempat di dunia.

Sistem GPS yang kita gunakan saat ini terinspirasi saat peluncuran sistem satelit transit (The Navy Navigation Satelite System) yang digunakan untuk navigasi militer AS pada 1964. Awalnya teknologi ini hanya diizinkan untuk keperluan militer. Pada 1984, Presiden Ronald Reagan mengijinkan sebagian kemampuannya digunakan untuk keperluan lain.

Inventor GPS adalah Roger K. Easton, seorang ilmuwan yang bekerja pada The Naval Research Laboratory (NRL). Dalam perkembangannya, GPS sudah terintegrasi dalam telepon pintar. Bahkan dari berbagai fitur navigasi seperti google maps, Sygic, fitur GPS tetap menjadi primadona.

Saat ini, fungsinya tak hanya untuk mengetahui jarak dari titik tertentu. Penggunaannya semakin meluas. Kita bisa menemukan dengan cepat di mana letak mesin-mesin ATM, pom bensin, rumah sakit, dan rumah makan. Semua bisa diakses dari telepon pintar dalam genggaman.***

baca juga

ingin komentar

Comment