Pelatihan Manajemen Rancang-Bangun Persatuan Insinyur Indonesia, 11 Februari 2017

Badan Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (BAPEL DIKLAT) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat di bawah koordinasi Ir. Tjipto Kusumo, IPM kembali mengadakan pelatihan Rancang-Bangun yang diiikuti lebih dari 20 peserta dari berbagai perusahaan ternama seperti Technip FMC, Rekayasa Engineering, AJB, Truba, Waskita dan beberapa perusahaan lainnya. Pelatihan ini menghadirkan Ir. Habibie Razak yang kedua kalinya diamanahkan menjadi instruktur dalam sesi berdurasi 8 jam ini.

Materi yang dicover dalam pelatihan kali ini tidak jauh berbeda dengan materi pelatihan di gelombang pertama yakni fundamental manajemen proyek, manajemen proposal pada penyiapan tender EPC, perpajakan dan asuransi pada proyek EPC, pengenalan sistem pengadaan barang dan jasa dan manajemen konstruksi pada proyek EPC. Peserta yang mayoritas berasal dari perusahaan engineering terkemuka ini banyak memberikan tanggapan dan setidaknya berbagi pengalaman pada proyek-proyek EPC atau rancang-bangun yang pernah mereka lakukan di Indonesia maupun di luar negeri.

Bapak Suratno, salah satu peserta menstress bagaimana lessons learnt sangat penting dilakukan di setiap fase project close out di mana project manager dituntut membuat semacam laporan tentang tantangan atau kendala-kendala signifikan yang dia hadapi selama proyek yang akan dijadikan sebagai bahan pembelajaran apabila perusahaan itu mendapatkan proyek serupa di masa depan nantinya.

Peserta yang hadir kali ini adalah beberapa sahabat professional seperti Ir. Imam Saleh PT Waskita Precast, Ir. Irwansyah Rosneng, IPP PT Truba Jaya, Bapak Ir. Rizal Kasli, IPM Direktur PT AJB Coal Mining dan beberapa sobat seperjuangan lainnya. Acara kali ditutup oleh Bapak Ruli, staff Sertifikasi PII dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada peserta dan foto bersama antara peserta, panitia dan instruktur.

Salam Insinyur, Bravo Persatuan Insinyur Indonesia

Reportase: Ir. Habibie Razak, ASEAN Engineer, ACPE – Sekretaris Distribusi Gas.

baca juga

ingin komentar

Comment