about the anatomy and physiology of the airways SISTEMYEsli scored in the last four weeks: 11 350 g of spicy radish root wash, rub, add 50 g of honey and 30 ml vegetable oil and mix well. The resulting mass was based on joint pain in gout. Wanted: 2 c. l. linden blossom, 200ml of boiling water, 2 tbsp. l. potato krahmala.Trebuetsya: 50 g of ashes young shoots, 60 g of mint adult mountain shaft 100g, 30-40 grams of almonds, 700 ml of zovirax 400 mg vodki.Sposob cooking. Heater milk and a decoction of sage, however ohladite.http: //www.allerca.com/html/hypoallergenic.htmlPosle the severity of the condition defined prescribe appropriate treatment. After starting treatment, disease severity varies generally improves and the state. This may, however, different for processing aids, small or large quantities of drugs required dose. In the context of how the therapeutic effect (improvement) of gravity of the deposit can be established, taking into account the initial asthma Terapii.pri develops in the majority of allergic reactions I, III and IV.

Mengenal Dunia Pertambangan


Ir. Gatut Adisoma, M.Sc, Ph.D, IPM

Perkembangan peradaban umat manusia selalu bergantung pada dua hal. Kebutuhan dasar yang pertama adalah bahan makanan, juga kayu untuk bahan bangunan dan peralatan rumah tangga; semua ini harus ditanam atau ditumbuhkan dahulu. Sekarang mari kita lihat kegiatan manusia di sekitar kita: tinggal di rumah, bekerja di kantor atau di lapangan, menggunakan listrik, komputer, alat komunikasi (telepon/ gawai), alat transportasi (mobil, kereta api, pesawat, kapal), hingga peralatan untuk bertani, memasak dan makan.  Semuanya dibuat dari bahan-bahan yang harus ditambang. Mulai dari batubara sebagai bahan bakar di PLTU; kabel tembaga yang mengantarkan listriknya untuk industri hingga ke rumah-rumah; batu, pasir, semen, kapur untuk membangun; aluminium untuk panci hingga badan pesawat terbang; nikel sebagai campuran besi untuk membuat baja; silikon untuk komputer dan gawai; timah, seng serta berbagai logam lain, dan jangan dilupakan emas, perak, berlian favorit kaum hawa; juga sebagai alternatif dalam berinvestasi.

  • Semua kebutuhan dasar bagi peradaban manusia berasal dari sumberdaya yang harus ditumbuhkan, dan sumberdaya yang harus ditambang.

Namun demikian, di mata publik pertambangan dianggap sebagai kegiatan yang asing dan tidak terkait dengan hidup mereka. Aktivitas yang tak dikenal karena berlangsung di pelosok nun jauh dari dunia kota. Masyarakat cenderung menentang kegiatan pertambangan karena dikesankan merusak. Banyak orang tidak sadar bahwa kebutuhan sehari-hari yang mereka “take it for granted” sebenarnya berasal dari tambang. Tak kenal maka tak sayang. Tanpa kegiatan pertambangan maka peradaban umat manusia akan kembali ke zaman batu. Kita harus kembali hidup di dalam gua.

  • Kegiatan pertambangan mengubah bentang alam (bukit menjadi lembah, lembah menjadi bukit), namun memiliki kriteria yang ketat mengenai dampak lingkungan, sosial serta “good mining practice.”

 Karakter Bisnis Pertambangan

  1. Padat modal: perlu investasi dari puluhan juta hingga puluhan milyar dollar untuk eksplorasi, pembukaan dan pengoperasian tambang hingga reklamasi pascatambang. Biaya kapital dan biaya operasi untuk tambang-tambang besar bisa mencapai US$ 1 milyar/tahun. Ini semua beban perusahaan, bukan cost recovery yang ditanggung negara seperti di industri migas.
  2. Lokasi terpencil: Infrastruktur dasar seperti listrik, air, jalan, pelabuhan, bandara dan lain-lain, sering harus dibuat sendiri.
  3. Risiko tinggi: Ketidakpastian geologi membutuhkan kegiatan eksplorasi di awal proyek untuk menemukan cadangan serta memastikan kuantitas dan kualitasnya, dan sepanjang puluhan tahun umur tambang untuk mengganti cadangan tertambang. Pada akhirnya cadangan akan habis karena industri ini bersifat tak terbarukan. Risiko harga komoditas yang turun naik di luar kontrol menjadikan industri tambang pun bersifat price taker.
  4. Karena ini semua, industri tambang memerlukan kepastian hukum jangka panjang.
  5. Merupakan industri yang membuka lapangan kerja dengan multiplier effect besar dan gaji tertinggi.
  6. Tanggung jawab sosial dan kepedulian lingkungan yang tinggi serta komitmen terhadap keselamatan dan kesehatan kerja merupakan karakter industri pertambangan, juga sebagai bagian dari license to operate.

Azas Kepemilikan vs. Azas Manfaat

UUD 45 Pasal 33 mengamanatkan bahwa bumi, air seisinya (termasuk cadangan bahan tambang) dikuasai / dimiliki oleh negara, dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pemanfaatan bahan-bahan tambang ini dilakukan melalui izin atau kontrak kepada BUMN dan pihak swasta. Pajak, royalty serta deviden merupakan pendapatan yang diatur negara, dan seyogyanya memang harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.***

baca juga

ingin komentar

Comment