Barely able to achieve success in the treatment during geomagnetic disturbances of the gravitational field of solar eruptions on Earth. Also, do not put too much hope in the days of the new moon and the full moon, when the effect of gravity moon as much as possible. Explodes signs of gravity on Earth is the same as volcanoes. These volcanic processes are similar in nature sun gems - the only difference is that the sun nuclear reactor without the open estrace online without prescription shell, and the world - a closed type with the outer casing in the shape of the Earth\'s crust.Fennel 2 hours. 37 raspberries recipe 1 2 teaspoons ch.Zheludochny ch.Tsvety 10Dve number mullein tea mixture to make a glass of boiling water, to insist for 30 minutes in a warm place., Filter with gauze. Take 1 / 4- 1/3 cup 3-4 times a day (for diarrhea). Vitamin tea № 1 Iodine deficiency is closely related to the formation of endemic cretinism.

Manajemen Proyek Pembangunan HSR (Kereta Cepat) Jakarta-Bandung

kereta-cepat1010


Dr. Ir. Hari G. Soeparto MT., MPU
Ketua Umum IAMPI

Tinjauan Proyek
Telah diusulkan dan disetujui pembangunan kerta api cepat dari Jakarta-Bandung, pihak Cina telah dipilih oleh Pemerintah Indonesia dengan mengalahkan pihak Jepang untuk membangun jalur kereta api cepat pertama di Indonesia. Konstruksi dimulai pada tahun 2016 ini, proyek bernilai US$ 5.5 milyar akan diselesaikan selama tiga tahun, dijadwalkan akan selesai tahun 2019. Proyek ini pengembangannya akan dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China, sebuah perusahaan patungan yang dibentuk pada tahun 2015 yang merupakan konsorsium perusahaan milik negara Indonesia dan China Railway Internasional.

Jalur Kereta yang diusulkan adalah sepanjang, kira-kira, 150 km, dengan perkiraan kecepatan kereta antara 200 km/jam sampai 250 km/jam.

Arus penumpang harian diharapkan, rata rata, 44.000, dan akan meningkat di tahun-tahun berikutnya. Jarak tempuh, dengan kereta biasa, yang semula 3 sampai 5 jam akan berkurang menjadi sekitar 36 menit.

Antara Jakarta dan Bandung akan dibangun 4 buah stasiun antara. Salah satu stasiun akan berada di Gambir, stasiun utama yang terletak di zona eksekutif dekat dengan Monas, dan diharapkan akan dapat mendapatkan arus penumpang yang besar. Kemudian stasiun Manggarai yang akan menjadi lokasi stasiun lain yang dilengkapi untuk menangani sejumlah besar penumpang. Stasiun dekat bandara Halim akan mengintegrasikan rel kecepatan tinggi dengan kereta rel ringan yang direncanakan, dan akan memberikan kemudahan akses ke rel kecepatan tinggi untuk penumpang di Selatan-Timur Jakarta. Stasiun lain akan berlokasi di Walini di Bandung Barat, yang akan dijadikan pusat pariwisata baru di Jawa Barat. Secara geologi terdapat perbedaan ketinggian antara Jakarta dan Bandung sebesar 700 m.

Fasilitas dan saranayang akan dibangun meliputi antara lain :
• Earthworks, Drainage and Fencing
• Bridges and Structures
• Tunnels and Tunnelling
• Track
• Station Layout
• Depots and Workshops
• Electrification
• Lifts, Escalators and Pumps
• Ventilation and Draught Relief
• Systems and Communications
• Signalling and Train Control
• Rolling Stock

Sudut Pandang Manajemen Proyek
Manajemen Proyek bertujuan untuk mengelola pelaksanaan proyek agar tujuan semula yang dituangkan dalam rencana proyek dapat tercapai, meliputi manfaat, ruang lingkup, mutu, waktu, biaya dan risiko.

Manfaat
Menurut pemahaman sekarang ini sebuah proyek pertama-tama harus dilihat tentang manfaatnya dan menjawab pertanyaan mengapa suatu proyek harus dilaksanakan. Pertanyaan ini akan memberikan apa manfaat sebuah proyek, manfaat ini harus tetap dijaga agar dapat terpenuhi, manfaat proyek dituangkan dalam dokumen yang biasa disebut business case, yang biasanya menyertai sebuah usulan proyek sebelum proyek tersebut disetujui dan diberikan otorisasi untuk dilanjutkan. Manfaat harus selalu dimonitor pada setiap tahap proyek sampai hasil proyek dimanfaatkan, dijaga agar outcome proyek tetap sesuai dengan yang diharapkan.

Ruang Lingkup
Untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan maka ruang lingkup sebuah proyek ditentukan, tanpa pembatasan ruang lingkup yang akan menentukan batasan dan cakupan sebuah deliverable yang unik. Bila tidak ada, tidak dapat disebut proyek.

Mutu
Sebuah proyek agar hasilnya dapat bermanfaat sesuai yang diinginkan, maka perlu dicapai mutu yang sesuai dengan kebutuhan proyek dan sesuai dengan standarstandar tertentu.

Waktu
Suatu kebutuhan akan manfaat yang diinginkan tentu ditetapkan kapan akan dibutuhkan, karena suatu proyek tidak pernah berdiri sendiri dan sangat terkait dengan tujuan strategis yang hendak dicapai, oleh karenanya harus ada saat kapan sebuah proyek harus diselesaikan.

Biaya
Sudah barang tentu setiap kegiatan untuk menghasilkan fasilitas atau deliverables tertentu akan memerlukan sumberdaya. Untuk pengadaan sumberdaya diperlukan dana yang disebut biaya, yang harus dikendalikan agar tidak terlampaui.

Risiko
Dalam melakukan sesuatu selalu dihadapkan pada kenyataan adanya factor-faktor yang belum diketahui atau belum pasti yang bisa berdampak positif atau berdampak negatif terhadap pelaksanaan proyek, yang disebut sebagai risiko.

Pembahasan Pengelolaan Proyek
Proyek High Speed Rail merupakan proyek yang sangat kompleks. Secara geografis akan sangat panjang dan akan banyak pemangku kepentingan yang terlibat serta memerlukan manajemen pemangku kepentingan dan manajemen interface yang rumit. Menyangkut pembebasan tanah, kajian geologi, gempa bumi, perubahan muka tanah menyangkut masalah lingkungan hidup dan lain lain, yang pasti pihak China belum punya pengalaman tentang hal itu disini.

Dari sisi teknologi juga sangat kompleks. Melibatkan berbagai disiplin, dengan kecepatan yang tinggi diperlukan akurasi dan presisi tinggi, koordinasi, sinkronisasi, integrasi antardisiplin dan antarpemasok yang sangat tinggi. Dari pihak China hal ini sudah tidak masalah karena mereka, pada sepuluh tahun terakhir, telah menyelesaikan ribuan kilometer HSR yang sama.

Proyek yang didanai dengan moda project financing-non recource financing berupaya untuk meminimalkan risiko, karena jaminan pengembalian utang yang harus ditanggung oleh Special Purpose Vehicle Company dari hasil operasi proyek itu sendiri, maka proyek dengan pendanaan model begini memerlukan penjaminan bahwa proyek harus selesai tepat waktu, biaya sesuai anggaran, dan yang pasti kinerja selama masa pengembalian harus sesuai dengan rencana, maka akan diperlukan kontraktor EPC yang dapat menjamin kinerja fasiltas ini, yang dapat menyelesaikan tepat waktu, dan sesuai anggaran.

Ruang lingkup
Ruang lingkup proyek ini dapat dipastikan tidak hanya mencakup investasi yang menghasilkan pendapatan dari penumpang kereta saja, sama seperti konsep jembatan selat sunda, investor meminta untuk turut mengelola daerah yang menikmati pertumbuhan dari hasil proyek ini, seperti juga konsep subway dimana investor dapat menjamin tarif tertentu dengan syarat diberi hak untuk mengelola semua ruang property yang tercipta akibat dari dilaksanakannya proyek ini.
Terlepas dari hal tersebut, dilihat dari kompleksitas meliputi nilai proyek, pengalaman teknologi, kebaruan dan antaradisiplin teknologi dan antarapelaku bagi mitra Indonesa, adalah hal yang baru dan dikatakan proyek yang sangat kompleks.

Waktu
Waktu 3 tahun sangat relatif bagi yang telah mengerjakan berulang kali dan banyak risiko yang sudah diantisipasi pasti sangat memungkinkan, akan tetapi bila dikerjakan oleh yang belum berpengalaman tentu saja sangat terlalu besar risikonya untuk dapat selesai selama 3 tahun untuk proyek sebesar ini. Pihak jepang memerlukan 4-5 tahun.
Bagaimana peluang pihak mitra Indonesia untuk ikut serta berpartisipasi? Prinsipnya risiko harus ditanggung oleh pihak yang paling bias mengatasinya. Sudah menjadi prinsip bagi proyek seperti ini, tidak ada ruang untuk berbuat kesalahan. Dalam berbagai kesempatan terungkap bahwa kemampuan perusahaan China telah berada di atas kita.
Masalah yang paling penting lain adalah kendala komunikasi, yaitu bahasa dan mungkin juga ada kendala budaya. Komunikasi dan pertukaran informasi adalah faktor paling penting dalam pengambilan keputusan sebelum mengambil tindakan.

Partisipasi oleh pihak yang belum berpengalaman dalam melakukan proyek sejenis dan baru pertama kali bekerja sama denganmitra yang baru dapat menjadi kendala dalam keberhasilan proyek.

Mengingat pihak China sudah membangun kereta sejenis ini sebanyak ribuan kilometer dalam jangka waktu 10 tahun belakangan ini, tentunya mereka sudah sangat paham tentang berbagai pembiayaannya. Namun mungkin perlu memasukkan faktor risiko setempat dengan akurat, yang harus diantisipasi dan memerlukan masukan dari mitra lokalnya.
Para Supplier dan manufakturer yang akan berpartisipasi dalam proyek ini tentu akan dipilih, barangkali dari yang telah berpartisipasi pada proyek-proyek sebelumnya, untuk memastikan dan meminimumkan risiko kegagalan. Diperkirakan materi proyek yang sekompleks ini akan dipasok oleh berbagai perusahaan dari seluruh dunia, dan telah pernah mengerjakan dan bekerja sama dengan pihak China.
Pemasok dan manufakturer yang dipilih harus mempunyai kapasitas dan kapabilitas yang sudah terbukti dalam hal efisiensi, produktivitas, akurasi dan presisi yang menjadi tuntutan alamiah proyek ini, yang telah dibuktikan dengan pengalaman sebelumnya.

Yang menjadi pertanyaan umum adalah apakah proyek ini akan memberikan manfaat seperti yang diharapkan? Jawaban bisa ya, selama proyek ini tidak menemukan kendala dari risiko yang belum diperkirakan.
Partisipasi kemampuan dalam negeri akanterbatas hanya pada bidang yang benar- benar sudah dikuasai, ini pun masih harus divalidasi oleh kontraktor penanggung jawabnya. Kendalanya apakah kinerja dan pengalaman dianggap mencukupi oleh kontraktor EPC penanggung jawab proyek? Yang tidak kalah penting adalah kendala komunikasi dan budaya yang harus diselesaikan dalam kurun waktu yang tersedia. Kedua hal ini adalah sumber risiko utama dan harus diantisipasi dan diselesaikan, sebelum turut bermitra.

                                                                                                                        Halaman 4                                                                           Berikutnya>>>

baca juga

ingin komentar

Comment