Kursus Sehari Manajemen Proyek Rancang-Bangun untuk Calon EPC Project Manager, 6 Mei 2017

Waktu libur tidak pernah mengurangi semangat para professional untuk mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuannya melalui kegiatan program pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB). Badan Pelaksana PKB kembali mengadakan kegiatan kursus Manajemen Proyek dan Kontrak Rancang Bangun pada Hari Sabtu yang dihadiri oleh beberapa professional dari perusahaan ternama seperti WIKA, Technip, Royal Haskoning dan Rekayasa Industri.

Instruktur tetap Bapel PKB PII untuk materi EPC/Rancang Bangun adalah Ir. Habibie Razak yang berpengalaman di area ini selama kurang lebih 15 tahun di sektor ketenagalistrikan, minyak dan gas termasuk LNG, pertambangan dan infrastruktur publik. Beliau adalah pengurus PII Pusat di Bidang Gas/LNG. Keseharian Beliau bekerja di salah satu perusahaan asal Perancis – Belgia bergerak di area engineering, EPCM dan consultancy services untuk proyek-proyek infrastruktur energi.

Materi yang dihadirkan terdiri dari beberapa modul penting terkait EPC contract and project management antara lain: EPC project management responsibilities, karakteristik proyek EPC termasuk term and conditionnya, cara menyiapkan proposal EPC, sistem perpajakan dan asuransi, sistem pengadaan barang dan jasa pada proyek EPC, dan manajemen konstruksi pada proyek EPC. Sesi sehari ini diharapkan memberikan modal utama bagi para professional untuk bisa memahami kontrak dan manajemen proyek EPC lebih dalam lagi untuk bisa diterapkan apabila ke depan mereka akan dipromosi menjadi Project Manager Rancang-Bangun di perusahaan sekarang.

Sesi ini berlangsung sangat interaktif di mana peserta juga mengutarakan pengalaman mereka pada beberapa proyek EPC di mana mereka terlibat sebagai construction engineer, pipeline design engineer, dan assistant project manager.

Terima kasih kepada staff BAPEL PKB, Jafar dan Erni Wahyuni yang mengorganize kegiatan ini bisa berjalan sesuai direncanakan. Sesi EPC selanjutnya akan diadakan lagi dalam dua minggu mendatang, sampai ketemu di sesi selanjutnya.

Salam Insinyur, Bravo Persatuan Insinyur Indonesia

Reported by Ir. Habibie Razak, IPM., ACPE., ASEAN.Eng, Secretary of Gas Department, the Institution of Engineers, Indonesia (PII), Source: www.asean.org

baca juga

ingin komentar

Comment