Kursus Pembinaan Profesi Insinyur Periode Juli 2013

Dalam rangka untuk memperoleh pemahaman dasar tentang keorganisasian PII dan pemahaman tentang profesi keinsinyuran, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) telah menyelenggarakan Kursus Pembinaan Profesi Insinyur pada tanggal 2 – 4 Juli 2013 di Menara Kadin, Jakarta. Kursus semacam ini memang merupakan agenda PII yang dilaksanakan secara berkala setiap bulannnya, khususnya untuk anggota baru.

Kursus berlangsung selama 3 (tiga) hari, dengan para instruktur adalah ; Ir. Rudianto Handojo (Pengenalan Organisasi PII), Ir. Ahmadi Partowijoto (Etika Profesi), Ir. Palgunadi T Setyawan (Leadership/Human Communication), dan Ir. Arridwan (K3L).

Pada hari ke-2, materi yang disampaikan adalah ; Engineering Procurement Construction (Ir. Hari G Suparto), Manajemen Proyek/Manajemen Konstruksi, (Ir. Andi Taufan Marimba MM, MBA), Aspek Hukum & Administrasi Proyek, ( Ir, Sarwono), Cost Planning/Cost Project, (Ir, Asianto), dan Code Standard (Ir. Wahyu Hendrastomo, MT).

Kursus pada hari ke-3, materi yang disampaikan adalah tentang Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional. Sebelum materi tentang sertifikasi disampaikan, sessi ini diawali dengan Pendidikan Anti Korupsi, yang dibawakan khusus pemateri dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Materi tentang sertifikasi yang disampaikan adalah; Pengenalan Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional dan Penjelasan tentang CDP (Continuous Professional Development) oleh Ir. Tjipto Kusumo. Untuk Penjelesan pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) disampaikan oleh Ir. Wahyu Hendrastomo, MT., dan bimbingan pengisian FAIP oleh Ir. Ngadiyanto.

Peserta kursus yang hadir kali ini 22 orang yang berasal dari berbagai perusahaan konsultan/konstruksi dan engineering yakni ; PT. PLN Enjiniring (7 orang peserta), PT. Karya Intertek Kencana (3 peserta), PT. Krakatau Engineering (2 peserta), PT. HATCH (2 peserta), PT. Virama Karya (3 peserta), PT. Adhidarma Tama Perkasa (1 peserta), PT Bobby & Team (1 peserta), PT. Malmas Mitra Teknik (1 peserta), PT. Jetec Indonesia (2 peserta) dan PT Virama Karya (1 peserta). (yesso)

 

 

baca juga

ingin komentar

Comment