Kursus Pembinaan Profesi Insinyur (KPPI) April 2014

Persatuan Insinyur Indonesia (PII), pada awal April 2014 kembali menyelenggarakan Kursus Pembinaan Profesi Insinyur (KPPI) yang diperuntukkan bagi anggota baru PII, baik yang sudah berkarir dibidang keinsinyuran maupun yang baru masuk di dunia kerja. Pembekalan ini dimaksudkan agar para anggota baru PII mengetahui tentang Kode Etik/ Etika Profesi dan Pengenalan Organisasi PII, serta materi materi penting lainnya yang perlu di ketahui anggota, termasuk program Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP). Bagi anggota baru suatu hal yang wajib untuk memahami dan Kode Etik/Etika Profesi dan Keorganisasian PII.

Selain materi wajib, dengan mengikuti KPPI juga akan diperoleh materi-materi tidak hanya tentang teknik, tapi juga non teknik seperti manajemen, aspek hukum, politik dan bahkan pembekalan yang diberikan secara khusus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah mengikuti kursus yang diselenggarakan selama 3 hari, peserta kursus langsung akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Sertifikat Pengukuhan dan pemberian gelar sebagai “Insinyur (Ir)”.

Penyelenggaraan KPPI awal bulan April 2014 yang dilaksanakan tanggal 1-3 April 2014 di Gedung Menara Kadin Jakarta, diikuti sebanyak 24 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan engineering/konsultan dan Kontraktor.

Acara kursus dibuka oleh Direktur Eksekutif PII, Ir. Faisal Safa, MSc sekaligus memberikan kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan materi “Keorganisasian PII”, juga disampaikan oleh Ir. Faisal Safa, MSc.

Selanjutnya pada hari pertama materi yang disampaikan adalah “Etika Profesi”, dan dilanjutkan dengan “Leadership/Human Communication” yang disampaikan oleh Ir. Palgunadi T Setyawan. Pada akhir sessi ini Ir. Asiyanto, MBA, IQSI, IPU menyajikan materi “Cost Planning/Cost Project”.

Pada hari ke-2, secara berurut disampaikan materi materi kursus : “Aspek Hukum dan Administrasi Proyek” (oleh: Ir. Garnowo Winardi Surarso, IPM), “Keselamatan, Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Lingkungan (K3L)” – oleh ; Ir. Ramzi A Emir, dan “Value Engineering” (Ir. Suardi Bahar, IPM). Pada sessi siang sebagai pemateri adalah Ir. Kayan Sutisna dengan materi “Manajemen Proyek & Manajemen Konstruksi” dan ditutup oleh Ir. Andi Taufan Marimba MM, MBA dengan materi Engineering Procurement Contruction (EPC).

Di hari ke-3, secara khusus materi yang diberikan semua tentang Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) yang diawali dengan pembekalan oleh Komisi Pemberantaasan Korupsi (KPK), dengan topik “Pendidikan Anti Korupsi”.

Untuk pemahaman tentang Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) sebagai nara sumber Ir. Tjipto Kusumo, IPM memberikan pemahaman tentang “Pengenalan Sistem SIP dan Penjelasan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB”) atau juga dikenal dengan istilah Continuing Professional Development (CPD). Sedangkan “Penjelasan Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)” halaman per halaman dan bimbingan pengisian bersama FAIP dipandu oleh Ir. Ngadiyanto, IPP.

Peserta yang mengikuti KPPI kali ini dapat disampaikan sbb : Oktaf Ardiansyah, Prima Yuan M, (PT. Krakatau Engineering)., Rinaldi, Habib Husen (PT. Central Park Agung Podomoro)., Muhammad Prayoga Dwiputra (PT. Jabez Pratama Konsultan)., Sunjas Murwatono (PT. Egis Indonesia)., Agung Chandra (PT. Griya Mie Sejati)., Moh. Soleh Sabarudin (PT. Bangkit Manunggal Karya Teknik)., Mulkhanul Hikma (PT. Geo Ace)., Harry Pontas (PT. Makmur Abadi Labdajaya)., Gusti Prasetyo Pendy Anggara (PT B&V In’tl), Achmad Ramadhan Turdjai, Firman Joeanda, Mohamad Chandra (PT. BAM Infraconsult)., Andreas Tampubolon (PT. Sinar Antjol), Otto Martinus (CV. Almayo), Pratikno Sudarman, Dian Eko (PT. Policipta Multi Desain), Cahyono Heri Prasetyo (PT. Muhara Graha Teknik)., Muhamad Karna, Basuki Priono (PT. Acklindo)., dan Janus S (PT. Hapesindo). – (yesso)

 

 

baca juga

ingin komentar

Comment