INTERNET OF THINGS : Dari Sawah Hingga Gedung Perkantoran

Aries R Prima – Engineer Weekly

Berbagai implementasi dan aplikasi Internet of Things (IoT) dalam berbagai bidang, kini, telah banyak diterapkan, walaupun masih ada juga yang dalam proses pengembangan. Selain kapasitas, kecepatan sambungan internet juga menjadi hal yang menentukan dalam kesuksesan imlementasi dan aplikasi di berbagai sektor.

Dalam keseharian, implementasi di bidang keamanan menjadi hal yang paling sering kita temui. Misalnya kamera-kamera pengawas sepanjang jalan raya yang siaga mengirimkan gambar-gambar bergerak berbagai kejadian di area yang terpantau. Misalkan saja terjadi kemacetan yang parah. Gambar dari jalan tersebut dapat langsung dilihat di ruang kontrol, yang tidak ada di sekitar lokasi, sehingga masalah tersebut bisa cepat diatasi oleh petugas yang berwenang.

IoT juga bisa diimplementasikan di bidang property, misalkan saja untuk gedung-gedung perkantoran tinggi di perkotaan. Banyak sekali perangkat yang dikendalikan oleh komputer, seperti elevator, lift, sistem pendingin, sistem keamanan, sistem administrasi, dan sensor panas. Semua ini dapat dipantau dengan berbagai perangkat dari jarak jauh.

Bidang pertanian juga sangat terbantu dengan diimplementasikannya IoT. Misalkan saja monitoring yang dilakukan oleh satelit dan berbagai perangkat remote sensing terhadap sawah-sawah di satu daerah. Gambar0gambar ini akan dikirimkan melalui jaringan internet kepada penganalisis, sehingga berbagai kebijakan dan keputusan dapat segera dibuat.

Dengan kemajuan teknologi perangkat cerdas dan alat-alat kesehatan, saat ini, kesehatan seseorang dapat terus menerus dipantau oleh dokter. Misalkan saja alat sensor jantung pada seorang pasien dapat mengirimkan berbagai informasi mengenai kesehatan jantungnya yang dapat dipantau administrator di rumah sakit yang kemudian segera mengirimkan notifikasi kepada dokter tentang keadaan pasien secara ‘real time’.

Selain implementasi, aplikasi IoT menjanjikan sebuah tatakelola yang lebih efisien dan efektif di berbagai bidang. Berbagai kata ‘cerdas’ biasanya disematkan kepada sistem atau perangkat yang menggunakan teknologi ini. Sebut saja smart city, teknologi IoT dapat membantu memonitor apa saja yang terjadi di sebuah kota, termasuk memonitor suhu, kelembaban udara, tingkat polusi, dan pelayanan masyarakat.

Teknologi yang sama juga diaplikasikan pada berbagai bidang. Misalnya untuk memonitor keadaan Mall, memonitor arus dan kelancaran lalu lintas, memonitor lingkungan, kebakaran hutan, dan deteksi tsunami, membantu menemukan sumber air bersih, penggunaan energi, mendeteksi bahan-bahan berbahaya dan ancaman terorisme, memonitor pengiriman barang, pembayaran dengan teknologi NFC, melihat waktu daluwarsa sebuah produk makanan, mendeteksi barang di gudang, arus pengiriman barang, dan masih banyak lagi.

Semua bidang keinsinyuran, saat ini, menggunakan teknologi IoT. Bahkan teknologi ini dapat membantu menciptakan inovasi teknologi yang sebelumnya tidak dimungkinkan untuk dikembangkan.***

baca juga

ingin komentar

Comment