Inovasi Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Dunia dan kehidupannya berubah sesuai perkembangan masa. Sebagian perubahan itu disebabkan oleh berbagai inovasi. Menurut Start Up Guide, ada sekitar 40 inovasi, sebagian besar adalah inovasi teknologi, yang telah tertoreh dalam sejarah peradaban yang dinilai memunyai dampak yang signifikan bagi perkembangan kehidupan manusia dan lingkungan.

1. Api (400.000 SM)

Penggunaan api untuk keperluan manusia telah diperkenalkan sejak jaman batu. Tidak ada waktu pasti kapan tepatnya api mulai digunakan oleh manusia. Tapi beberapa penelitian merujuk pada waktu di antara 200.000 hingga 600.000 sebelum masehi.

2. Bahasa (100.000 SM)

Bahasa percakapan sejati digunakan pertama kali sekitar 100.000 SM yang membuat semakin mudah dan semakin cepatnya pewarisan teknologi dan inovasi antargenerasi.

3. Perdagangan dan Spesialisasi (17.000 SM)

Dalam bukunya yang berjudul The Rational Optimist, Matt Ridley menjelaskan  bagaimana pentingnya spesialisasi dan perdagangan terhadap kemajuan umat manusia. Perdagangan telah memunculkan spesialisasi dalam berbagai bidang yang terkait dengan barang yang diperdagangkan. Inovasi teknologi banyak bermunculan dalam era perdagangan.

4. Pertanian (15.000 SM)

Sekitar 15.000 SM (sekitar 17.000 tahun lalu), domestikasi hewan (ternak) mulai dilakukan, dan diikuti oleh domestikasi tanaman (pertanian) pada 10.000 SM. Tonggak ini sangat penting bagi kemajuan umat manusia. Kehidupan berpindah tempat (nomaden) berubah menjadi menetap, yang kemudian membentuk komunitas dan desa/kota sebagai basis dari peradaban, sekaligus penting sebagai basis perkembangan ilmu pengetahuan. Sekitar 12.000 SM, dimulai proses pengawetan makanan di wilayah Timur Tengah dengan mengeringkan makanan di bawah sinar matahari.

5. Kapal Laut (4.000 SM)

Sekitar 4.000 SM, orang-orang Mesir Kuno telah membuat perahu layar kuno dan sekitar 1.200 SM, kapal yang lebih besar dibuat oleh bangsa Venesia dan Yunani. Ini adalah sebuah langkah besar yang memungkinkan sebuah bentuk transportasi pertama untuk perdagangan antarbangsa di dunia. Termasuk penyebaran dan perdagangan teknologi.

6. Roda (3.400 SM)

Langkah penting selanjutnya dalam sejarah invasi adalah diciptakannya roda di antara 3.300 – 3.500 SM di Polandia bagian Selatan.

7. Uang (3.000 SM)

Inovasi penting lainnya dalam peradaban manusia adalah uang. Sekitar 3.000 SM, bangsa Sumeria adalah salah satu bangsa yang pertama (jika tidak bisa dikatakan sebagai yang pertama) yang menggunakan uang untuk memermudah perdagangan yang menggantikan sistem pertukaran barang (barter).

8 Besi (3.000 SM)

Ilmu bidang metalurgi dimulai sekitar 4.400 SM ketika manusia mulai menggunakan tembaga dan perak, yang kemudian juga manusia mampu menggabungkan tembaga dan timah untuk membuat perunggu. Sekitar 3.000 SM manusia menemukan unsur yang lebih keras yang dinamakan besi yang membuat kebangkitan peradaban dengan lebih cepat.

9. Bahasa Tulisan (2.900 SM)

Meskipun Bahasa telah digunakan sejak puluhan ribu tahun sebelumnya, penggunaan Bahasa tertulis adalah tonggak yang sangat penting, karena memungkinkan pencatatan dan perhitungan. Bahasa tulisan pertama yang tercatat adalah catatan bangsa Sumeria pada 2.900 SM.

10. Sistem Legal (1.780 SM)

Pada 1.780 SM, Hammurabi, raja ke-6 Babilon, adalah salah satu yang menuliskan aturan-aturan hokum formal. Ia menyiptakan sebuah struktur yang memungkinkan rakyatnya memahami berbagai norma social yang berlaku. Sistem ini memungkinkan manusia untuk menyiptakan berbagai inovasi dengan perlindungan hokum kepada para penciptanya.

11. Alfabet (1.050 SM)

Alfabet “sejati” pertama kali (memunyai huruf hidup sebagaimana konsonan) diciptakan pertama kali oleh bangsa Fenisia sekitar 1.050 SM). Banyak alphabet modern saat ini, berasal dari alphabet bangsa Fenisia.

12. Baja (650 SM)

Baja adalah bahan campuran, logam di antara besi dan karbon, dan satu diantara zat yang paling keras saat ini. Produksi pertama baja pertama kali ditemukan di wilayah Asia Barat sekitar 4.000 tahun lalu. Bangsa Sparta menggunakan baja secara ekstensif sekitar 650 SM, seperti kemudian bangsa China pada 400 SM dan juga bangsa Romawi.

13. Tenaga Air (200 SM)

Salah satu inovasi penting adalah tenaga air. Pertama kali digunakan di Timur Tengah sekitar 200 SM.

14. Kertas (105)

Pertama kali diketahui digunakan oleh bangsa China pada tahun 105. Sekitar abad ke 16, kertas dari bubur kayu telah banyak digunakan menggantikan kertas dari kapas.

15. Mesin Tik (1040)

Banyak orang mengira bahwa mesin tik bermula pada 1436 dengan hadirnya mesin cetak Guttenberg. Padahal mesin tik ini jauh telah ada di China sekitar 1040. Namun, Guttenberg mampu mengembangkannya, sehingga dapat memproduksi buku secara massal, hingga mampu menyebarluaskan pengetahuan ke segala penjuru dunia.

16. Mikroskop (1592)

Mikroskop adalah penemuan yang sangat penting yang membawa banyak kemajuan dalam memahami teknologi nano dan juga struktur atomic. Pasangan ayah-anak pembuat kacamata dari Belanda Zacharias dan Hans, pertama kali menciptakan apa yang dikenal sebagai mikroskop saat ini melalui lensa khusus yang diciptakannya.

17. Arus Listrik (1600)

Pada 1600, ilmuwan Inggris bernama William Gillbert Menciptakan istilah arus listrik (electricity), yang berasal dari Bahasa Yuniani untuk “amber”. Kemudian pada 1752, Ben Franklin menunjukkan bahwa petir dan percikan dari amber adalah hal yang sama: arus listrik.

18. Teleskop (1608)

Pada 1608, Hans Lippershey menciptakan lensa cembung dan cekung yang memungkinkan penciptaan teleskop. Tahun berikutnya, Galileo Galilei menyiptakan rancangan pertama teleskop yang memungkinkan kita untuk melihat alam semesta.

19. Mesin (1712)

Mesin tenaga uap pertama kali diciptakan oleh Thomas Newcomen pada 1712 dengan menggunakan ide dari Denis Papin dan Thomas Savery. Tenaga upa sangat penting dalam pengembangan revolusi industri.

20. Bohlam (1800)

Pada 1800, Humphry Davy, ilmuwan Inggris, menciptakan bohlam (bola lampu) pertama. Kemudian dikembangkan oleh Thomas Edison, ang menemukan bahwa beberapa jenis filament karbon, jika diletakkan dalam bohlam tanpa oksigen, dapat bersinar selama 40 jam. Kemudian, Edison mampu menyiptakan bola lampu yang dapat berpijar lebih dari 1.500 jam.

21. Telegraf (1809)

Pada 1809, telegraf pertama kali diciptakan di Bavaria oleh Samuel Soemmering. Kemudian pada 1828, telegraf yang digunakan pertama kali di Amerika Serikat adalah hasil ciptaan Harrison Dyer. Secara komersial sistem komunikasi telegraf yang diciptakan oleh Samuel Morse, sukses luar biasa.

22. Elektromagnet (1825)

Pada 1825, magnet dari listrik (yang kemudian disebut electromagnet) ditemukan oleh seorang pencipta berkebangsaan Inggris, William Sturgeon. Magnet pertamanya adalah sepatu kuda besi yang dililit dengan kabel tembaga. Ketika arus listrik dalirkan melalui kabel tembaga, sepatu kuda itu menjadi magnet.

23. Minyak Bumi dan Gas (1859)

Minyak bumi dan gas pertama kali diproduksi pada 1859. Sumur gas bumi pertama kali diciptakan di Ohio, dan sumur minyak bumi di Pennsylvania.

24. Telepon (1860)

Pada 1860, telepon diciptakan oleh Johann Philipp Reis. Ia adalaha orang yang pertama kali menciptakan alat elektromagnetik yang dapat mengirimkan suara yang jelas dan dapat dimengerti. Enam belas tahun kemudian, Alexander Graham Bell mendapatkan paten pertama untuk telepon dan menyiptakan telepon yang sukses secara komersial.

25. Tabung Vakum (1883)

Sepuluh tahun setelah Thomas Edison menemukan bahwa arus listrik bisa bergerak di gas atau ruang hampa, Lee De Forest menyiptakan Audion, yang dapat mengontrol dan memerbesar arus listrik – sebuah penemuan yang sangat penting bagi dunia telekomunikasi.

26. Semikonduktor (1896)

Semikonduktor adalah bahan dengan konduktivitas listrik yang berada di antara isolator dan konduktor atau biasa juga disebut sebagai bahan setengah penghantar listrik, yang sangat berguna dalam dunia elektronika saat ini. Sebua semi konduktor bersifat sebagai isolator jika tidak diberi arus listrik dengan cara dan besaran arus tertentu. Namun pada temperature, arus dan tat acara tertentu bahan ini dapat berfungsi sebagai konduktor. Bahan yang biasa digunakan sebagai semikonduktor adalah silicon, germanium, gallium, dan arsenide. Jagadish Chandra Bose adalah orang yang pertama kali menggunakan semikonduktor untuk tujuan komersial pada 1896.

27. Penisilin (1896)

Pada 1896, Ernest Duchesne, seorang mahasiswa kedokteran Perancis, menemukan bahan antibiotic dari penisilium, walalupun penelitiannya ini tidak tercatat dan diketahui. Hingga 1928, biologis Alexander Fleming menemukan kembali penisilin yang kemudian diketahui mampu menanggulangi infeksi bakteri untuk menyelamatkan kehidupan.

28. Radio (1897)

Pada 1897, Nikolai Tesla mendapatkan peten sistem radio pertama setelah mendemontrasikannya setahun sebelumnya dalam sebuah pameran besar. Penemuannya ini menjadi revolusi besar dalam bidang komunikasi dunia.

29. Elektron (1897)

Di tahun yang sama, 1897, J. Thomson menemukan elektron, yang merupakan partikel sub-atom yang bermuatan negatif. Penemuan ini telah merovolusi dunia dalam lebih dari 115 tahun.

30. Fisika Kuantum (1900)

Sejarah Fisika Kuantum sangat lah menarik. Dimulai dengan berbagai penemuan sebelumnya. Dimulai pada 1838 dengan penemuan Tabung SInar Katoda dari Michael Faraday dan juga penemuan Heinrich Hertz tentang efek fotoelektrik. Tapi yang sebenenarnya menjadi awal mula fisika kuantum adalah hipotesis kuantum dari Max Planck. Menggunakan penelitian pada 1905, Albert Einstein menelurkan teori dan kemudian membuktikan bahwa cahaya terdiri dari partikel kuantum individual  yang kemudian oleh Gilbert Lewis disebut Foton.

31. Pesawat Terbang (1903)

Pada 17 Desember 1903, dunia menyaksikan penerbangan pertama berawak dengan pesawat terbang yang diciptakan oleh Wright bersaudara di North Carolina.

32. Televisi (1926)

Penciptaan televise terjadi di 1926. Namun, banyak sekali berbagai penemuan yang mendahuluinya, termasuk penemuan fofokunduktivitas dari selenium pada 1873 oleh Wiiloughby Smith dan penemuan cakram pemindai pada 1884 oleh Paul Nipkow. Adalah John Logie Baird yang menyiptakan gambar bergerak pertama di televise pada 1926. Sepuluh tahun kemudian British Broadcasting Corporation (BBC) menyiarkan pertunjukan televisi untuk public pertama kali.

33. Transistor (1947)

Transistor adalah alat yang digunakan untuk memerkuat dan memindahkan sinyal elektonik. Ketika kita dapat mengubah sinyal, kita menguasai telekomunikasi global. Pada 1906, Lee De Forest mengembangkan triode dalam tabung vakum yang dapat memerkuat sinyal, yang memungkinkan telepon antarbenua dilakukan untuk pertama kali. Namun ini baru terjadi pada 1947 di AT&T, ketika Bill Shanky dan timnya menciptakan transistor semikonduktor pertama. Dari sinilah proses kelahiran kelahiran Intel dimulai.

34. DNA (1953)

Deoxyribonucleic acid (DNA) atau asam deoksiribonukleat adalah sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus, yang ditemukan oleh James Watson dan Francis Crick ketika bekerja di Universitas Cambridge. Penemuan ini dsertai dengan frasa terkenal dari duo ini: “We have found the secret of life”.

35. Sirkuit Terintegrasi (1959)

Pada 1959, kita menyaksikan kelahiran sirkuit terintegrasi atau integrated circuit (IC) yang memungkinkan insinyur untuk menempatkan lebih banyak transistor, resistor dan kapasitor dalam wadah yang lebih kecil. Adalah Jack Kilby dari Texas Instruments dan Robert Noyce dari Fairchild Semiconductors, dengan timnya, yang menyiptakan IC pada 1959. Semua computer saat ini menggunakan IC, yang kemudian berkembang menjadi prosesor mikro (microprocessor).

36. Internet (1969)

Pada 1969 kita menyaksikan penciptaan internet pertama kalinya yang disebut ARPANET, yang dikembangkan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) dari Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, untuk menghubungkan para peneliti di berbagai lokasi yang berbeda. ARPANET mengirimkan pesan pertama kali pada 29 Oktober 1969 antara UCLA dan Stanford, dengan bunyi pesan: “log in”. Namun pesan itu hanya terbaca dua huruf pertama, “l” dan “o”. Pada akhir 1969 , 4 komputer dihubungkan oleh ARPANET. Pada 1980an, ARPANET berubah menjadi jaringan global yang digunakan untuk mengirimkan berkas dan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Pada 1991 tercipta Hypertext Transfer Protocol (HTTP) oleh Tim Berners-Lee, yang memungkinkan pembuatan sebuah jaringan dari dokumen “hyperlink”. World Wide Web menjadi alat komunikasi yang membentuk pencatatan lengkap ekspresi dan pengetahuan manusia. Setahun kemudian, 1992, Peneliti di Universitas Illinois mengembangkan sebuah “browser” yang “ramah pengguna” untuk menggunakan world wide web. Pertama kali disebut Mosaic, browser pertama disebut Netscape, yang merevolusi cara mendapatkan informasi dunia.

37. Prosesor Mikro (1971)

Pada 1971, Ted Hoff dari Intel menyiptakan prosesor mikro (microprocessor), yang adalah sebuah integrated circuit (IC). Alat ini (chip) memunyai semua fungsi dari computer atau sebuah central processing unit (CPU). Chip pertama disebut Intel 4004 yang memunyai 2.300 transistor dan memiliki tenaga yang lebih besar dari ENIAC, sebuah komputer super dengan berat 30 ton yang dibuat pada 1946. Microprocessor mendukung miniaturisasi dan pengembangan industri PC di akhir 70an hingga kini, yang memungkinkan kita memiliki sebuah computer super yang dapat disimpan dalam kantung celana dan dapat tersambung ke internet secara global.

38. Telepon Bergerak (1973)

Pada 1973, Motorola merilis telepon genggam pertama, dengan berat lebih dari 1 kilogram, dengan 30 menit waktu bicara dan membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi ulang daya batere.

39. Telepon Pintar (2007)

Pada 9 Januari 2007, iPhone diluncurkan, telepon pintar (smartphone) pertama yang tersedia secara global dengan kemampuan multi-sentuh. Saat ini telepon pintar bisa terkoneksi ke berbagai perangkat elektronik lainnya dengan kemampuan computer super yang terhubung melalui berbagai koneksi tanpa kabel.

40. Komputer Kuantum (2011)

Langkah terakhir dari sejarah inovasi saat ini adalah komputer kuantum (Quantum Computer). Pada 2011, komputer kuantum pertama diperkenalkan ke pasar oleh D-wave yang disebut Dwave One, yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai persoalan dengan kecepatan ribuan kali dari computer biasa.***

baca juga

ingin komentar

Comment