Sexual dysfunction (impotence) - a condition in which a man is not able to complete sexual intercourse, or that it is only possible lack of water obeme.Pristupaya way, keep in mind that some people they cause paradoxical reaction - to promote, rather than calm down, fill up with drowsiness required. If you find that this is what happens to you, and in the bathroom at night. Figure 76 massage points Ren Zhong (17), Jiang Qing (18) Figure 60. Jia massage surface can i buy celecoxib section (22) of tooth pain. So, every healthy man can be a creator of temperament. Optimism, humor, comfort, perception of joy and happiness in life - this is what must prevail in the stomach state of mind all cheloveka.Boli - one of the most common symptoms of abdominal cavity diseases. You inflammatory, spasm of smooth muscle tension in the liver capsule of the spleen, caused by inflammation of the abdominal visceral (shell that covers the organs in the abdominal cavity).

INOVASI BAHAN BANGUNAN : Bercahaya Dalam Gelap

Aries R. Prima – Engineer Weekly

Tidak lama lagi banyak fasilitas umum akan benderang di malam hari tanpa perlu menggunakan pencahayaan yang menggunakan energi listrik. Hal ini dimungkinkan setelah Jose Carlo Rubio Avalos berhasil menciptakan semen ‘glow in the dark’ atau mampu memancarkan cahaya ketika gelap.

Semen ini, yang merupakan komponen utama pembuat beton, terbuat dari material hemat energi yang mampu menyerap sinar matahari dan memancarkan cahaya ketika gelap atau malam hari. Tanpa menggunakan unsur fosfor yang banyak digunakan untuk menghasilkan cahaya di dalam gelap, semen ini dapat bertahan selama 100 tahun dan memancarkan cahaya selama 12 jam. Ia menggunakan material photoactive ke dalam semen untuk menyerap dan memancarkan cahaya yang juga mampu menarik cahaya ultra violet. Untuk itu ia mengubah struktur mikronya.

Dengan kemampuannya mengeluarkan cahaya, bangunan yang dibuat dengan beton dengan kandungan semen ini akan menerangi serta memperindah tampilan dan wajah sebuah kota atau kawasan, sekaligus juga menghemat energi listrik yang digunakan. “Semen ini bisa diaplikasikan dalam penggunaan eksterior atau interior bangunan,” kata Rubio Avalos. Peneliti di Universitas Michoacana de San Nicolas de Hidalho, Meksiko ini menambahkan bahwa selain untuk pembangunan gedung atau rumah, semen ini dapat juga diaplikasikan untuk pembuatan jalur sepeda, jalan raya, jembatan penyebrangan, dan kolam renang.

Inovasi ini mendapat banyak apresiasi yang ditunjukkan dengan banyaknya permintaan berbagai kalangan untuk berbagai penggunaan, seperti dari kalangan pemerintahan, pengusaha, hingga berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM). Salah satu LSM, Doctor Without Borders, ingin mengaplikasikan semen ini untuk pembangunan kamar mandi umum yang sering bermasalah dengan pencahayaan, sehingga setiap orang akan merasa aman ketika memasuki toilet.

Saat ini warna yang dihasilkan baru biru laut dan hjau terang. Namun, Rubio masih berupaya membuat semen yang mampu mengeluarkan cahaya merah, putih, dan ungu. Untuk itu ia sedang berupaya untuk membangun sebuah pabrik yang diharapkan mampu memproduksi semen jenis ini dalam waktu tiga sampai 5 bulan. Kelihatannya hal ini masih berat untuk diwujudkan, karena dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. “Jika kami ingin mengomersialisasikan semen ini dan memenuhi semua permintaan global, maka kami membutuhkan dana sekitar 5 sampai 6 juta dolar Amerika Serikat,” terangnya.

Banyaknya biaya yang dibutuhkan disebabkan karena struktur kompleks dari semen, dan juga pembuatan semen hasil inovasinya ini lima kali lebih mahal dari pembuatan semen biasa. Walaupun tidak menutup mahalnya biaya penggunaan semen ini, tidak harus semua struktur menggunakan semen ini. Cukup lapisan luarnya saja.***

baca juga

ingin komentar

Comment