Hatta Rajasa: Insinyur Punya Peran Sentral

Ketua Dewan Penasehat PII Hatta Rajasa melantik Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode kepengurusan 2012-2015 di Hotel Mandarin, Jakarta, 6 Februari lalu. Dalam kesempatan tersebut, Hatta Rajasa yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia itu melantik pengurus Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM-PII).

Didahului pertunjukan barongsai yang cukup memikat perhatian, Hatta melantik Ketua Umum PII 2012-2015 Ir. Bobby Gafur Umar MBA, Wakil Ketua Umum PII Dr.Ir. Hermanto Dardak, Sekjen PII Prof. Dr. Ir. Danang Parikesit serta sejumlah pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Hatta mengemukakan bahwa peran insinyur semakin sentral dalam membangun bangsa Indonesia, terutama dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) saat ini yang intinya adalah mentransformasikan ekonomi Indonesia secepat mungkin. Hal itu, kata dia, bisa dilakukan apabila ada sejumlah knowledge society seperti PII yang melahirkan inovasi. “PII bisa melakukannya apabila strategi kita benar,” katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa garis besar program kerja PII 2012-2015 adalah menuntaskan RUU keinsinyuran menjadi UU, menyelenggarakan Conference of Asean Federation Engineers Organization (AFEO) ke-31 tahun ini di Jakarta serta memperluas, mempromosikan dan mempercepat proses Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) untuk memenuhi kebutuhan percepatan dan perluasan pembangunan atau MP3EI.

Hatta juga mendukung lahirnya Undang Undang Insinyur yang nantinya akan mendukung PII sebagai lembaga yang membuat sertifikasi tenaga insinyur di Indonesia. Hal ini untuk mendukung free movement para tenaga tersebut ke negara-negara ASEAN.

baca juga

ingin komentar

Comment