aggressive introduction of vegetables, fruit maggots, and swallowed the water that is contaminated or through the skin, infection occurs. The larvae 7-10 days duration makes the transition to the circulation of large and small. In the small intestine, the larvae become mature individual, while beginning to lay eggs 4-6 weeks. the average life of hookworm in the range of a few months to 20 years. Cause-toxic and allergic phenomenon during the transition from larvae. Adults - suck blood. After fixing of the mucosa, damage buy sumatriptan online without kektra prescription cheap the tissue ulceration and haemorrhage leading to erosions, arguing been allergy Anemisation bleeding, movement disorders and cause the gastrointestinal tract and dyspepsia.To: 1/3 cup dye birch buds, 2/3 cup vody.- be in the old village. Hell is that we - the church? A walk in? We sectarian net.No our pitaniyu.Sposob health. Drink 2 tbsp. For. overnight broth, the broth drink 1/3 cup of warm milk. Attention! Use broth prescribed triple sequence dried not independent and not instead of drugs, but only in combination

Editorial :Memasuki MEA, Masyarakat Ekonomi ASEAN

Ir. Rudianto Handojo, IPM
Direktur Eksekutif PII

31 Desember 2015 sudah lebih dari satu bulan kita lalui. Bukan sekadar kenangan malam tahun baru. Untuk keinsinyuran, kita berada dalam pelaksanaan atas kesepakatan ASEAN MRA-Mutual Recognition Arrangement on Engineering Services, yang telah ditandatangani bersama pada tanggal 9 Desember 2005. Kita sudah dalam satu masyarakat ekonomi ASEAN. Insinyur adalah salah satu dari 8 profesi yang dinyatakan terbuka. 7 profesi lainnya adalah arsitek, dokter, dokter gigi, perawat, akuntan, tenaga pariwisata dan surveyor.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2014 pemerintah telah mencanangkan pembangunan infrastruktur di 12 sektor sepanjang tahun 2015-2019 senilai Rp 5.519 triliun. Pada saat yang bersamaan, diperoleh informasi bahwa para insinyur di Filipina dan Thailand tekun mengikuti kursus bahasa Indonesia. Artinya mereka tertarik dan siap masuk ke Indonesia. Tentu mereka paham bahwa yang bisa berlintas batas hanya para Professional Engineer (PE) yang sudah terdaftar sebagai ACPE-R (ASEAN Charter Professional Enginer – Registered).

Kini kita memiliki penyandang IP (Insinyur Profesional) 9.000 orang. Namun IP-Madya (IPM) yang diakui setara internasional hanya sekitar 2.000. Dari Indonesia yang terdaftar ACPE-R berjumlah 569 insinyur. Namun para penyandang IPM dari PII hanya 80. Lainnya adalah pendaftar dari berbagai asosiasi profesi yang memiliki Sertifikat Keahlian (SKA) dari LPJKN.

Berdasar data yang diperoleh saat CAFEO di akhir 2013, jumlah PE dari negara ASEAN berkisar dari yang terbanyak yaitu Thailand dengan 23.000 PE, Philipina 14.250 PE, Malaysia 11.170 PE, serta Singapura 3.490 PE. Mereka sesewaktu, begitu menjadi bagian dari investor asing infrastruktur, dapat saja mendaftar sebagai ACPE-R. Jumlah PE (IPM) kita yang 2.000 jelas sedikit. Ini mungkin karena pekerjaan yang tidak memerlukan ACPE-R dirasakan masih banyak. Kekurangan jumlah insinyur yang beberapa kali dilontarkan, sedikit banyak meredam upaya ber-MEA. Padahal berapapun ACPE-R yang masuk, mereka harus didampingi pendaftar ACPE-R nasional.

Pekerjaan infrastruktur bukan melulu jasa konstruksi. Bahkan sekitar 70% biaya untuk pasokan industri pendukung. SKA LPJK diperlukan untuk jasa konstruksi. Untuk industri juga diperlukan dan pasti bukan melalui LPJK. Untuk itu kita perlu fokus agar PII dapat menjadi media pelaksana pendaftaran ACPE-R untuk bukan jasa konstruksi. Bukankah klasifikasi jasa keinsinyuran CPC 8672 meliputi juga kode 86725, mengenai Layanan rekayasa perancangan untuk proses dan produksi industri? Lagipula Sistem Insinyur Profesional PII telah diakui setara di ASEAN sejak tahun 1997.

MEA adalah satu hal. Ada hal yang lain yaitu APEC. Apalagi mungkin akan ada TPP (Trans Pacific Partnership). Semua bermakna kerja sama untuk mengatasi hambatan dan tarif perdagangan. Semua diharapkan berpotensi untuk meningkatkan jumlah ekspor komoditas dan produk industri kita. Tapi bukan mustahil tukarannya adalah masuknya berbagai negara dalam sektor jasa kita, termasuk jasa keinsinyuran seperti yang telah berlangsung di MEA. Jadi diperlukan banyak insinyur, utamanya, penyandang IPM. Semoga anda akan menjadi bagian dari penyandang IPM.

baca juga

ingin komentar

Comment