possess antimicrobial vitamins and essential oils that are part of eucalyptus deystviem.Propolis can be used to relieve pain and dental remedies (Novocain it 5 times more efficient).Gastrit characterized by inflammation of the stomach lining and is divided into each of the acute and chronic forms requires the intervention of a specialized and balanced diet. Not least is the role of vitamins such as A, B, C and D E.VITAMIN (fallohinon) to help faster clotting to stop bleeding and promotes healing imitrex kektra without prescription of wounds. K1 and K2: It is available in two versions. The last of them is made of green plants to light. This vitamin-rich corn, lettuce, cabbage, carrots, tomatoes, rowan berries, parsley, yarrow, and others. It is found in meat and liver. The daily requirement for vitamin K - 0.2-0.3 mg.7) hip fractures in the immediate family. Dosage: 1 tbsp. For. Powder «cones» Hip rub with 1 tbsp. For. Fresh butter. Serve as an analgesic for bruises and joint pain., ground. In perfumes, it is used as a fixative smell of incense and oils. Amber - a very costly affair. Its high price is mainly due to the desire to preserve the sperm whale, which until recently were consumed in large skin kolichestvah.Uvyadayuschaya as a problem, it must be equally honest attitude. In support of its medical aid once the oil, part of all kinds of masks, creams, lotions, etc. Agent p.Vtoroe -. aqueous extract of flax seeds as a coating. Prepared as follows: On the morning of 2 tablespoons linseed soup pour 1.5 cups abilify myrxtablets.com of hot water to the boil and left overnight at room temperature. night liquid filter cloth and attached to a patient during the night. The patient awoke to drink at least half. If the patient does not wake up and drink linseed infusion, final design and preparation of a new (quickly turns to sour). The infusion of freedom to drink during the night of 42 days, and the potato juice - the first 28 days, three times a day, and 14 days of rest - 2 times: the morning before breakfast and the bedtime.

Editorial : Air Bersih dan Permasalahannya

 

Samsuhadi Samoen

Samsuhadi Samoen

Tersedianya air bersih yang cukup bagi kebutuhan sehari hari adalah suatu hal yang sangat penting. Akan tetapi ketersediaan air bersih untuk beberapa tahun belakangan ini tidak selalu mudah. Kira-kira, 30-50 tahun yang lalu, Jika membangun rumah yang lokasinya belum terjangkau oleh air ledeng, maka dengan menggali sumur 8-10 meter, air akan keluar dengan mudahnya melalui pompa tangan. Kini dengan bertambahnya penduduk dan berbagai aktivitasnya, menyebabkan pula kenaikan kebutuhan air bersih, sehingga penyediaan air bersih menjadi masalah. Kehandalan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dalam mengelola air bersihpun semakin menurun.

Sebagai akibat dari rendahnya kemampuan PDAM, mendorong pemanfaatan air tanah secara luas oleh masyarakat. Ekstraksi air tanah dilakukan secara besar-besaran. Warga yang kondisi perekonomiannya lebih baik, mampu menggali sumurnya lebih dalam dan menggunakan pompa air dengan kekuatan hisap yang lebih besar. Kelangkaan air juga dialami pada air permukaan. Debit air sungai sudah menurun. Kuantitas air sungai yang semula diharapkan menjadi andalan sebagai sumber air baku, sudah menurun.

Dampak memburuknya pasokan air bersih di dunia yang terjadi atau diprediksikan akan terjadi di masa mendatang antara lain ditunjukkan oleh data yang dilansir WWF pada 2007:

  • Pada pertengahan abad ini, tujuh milyar jiwa di 60 negara mungkin akan menghadapi kelangkaan air (setidaknya dua milyar di 48 negara saat ini sudah menghadapinya).
  • Lebih dari 1,5 miliar jiwa tidak memiliki akses langsung air minum, dan jika pola konsumsi ini terus berlanjut, setidaknya dalam kurun 20 tahun mendatang kira2 hampir populasi setengah penduduk dunia akan tinggal di daerah aliran sungai yang kritis.
  • Lima juta jiwa, sebagian besar anak-anak, meninggal setiap tahun karena penyakit karena mengkonsumsi air berkualitas buruk.

Apakah permasalahan air bersih ini tidak dapat diselesaikan? Menurut UNESCO (1978), volume total air dunia sebesar ± 1,8 milyar kilometer kubik, dan sekitar 11 juta meter kubik air tawar berada di permukaan dan dalam tanah, dan itu yang bisa kita manfaatkan saat ini. Sebagian besar sisanya adalah air laut. Jika dikatakan air tawar sudah mengalami krisis saat ini, maka sebenarnya masih terdapat air laut yang masih bisa dimanfaatkan.

Arab Saudi, Bahrain dan Kuwait telah memanfaatkan air laut untuk dijadikan air bersih dengan menggunakan teknologi Desalinasi Air laut (desalinasi thermal) telah lama digunakan di Arab Saudi, Bahrain, Kuwait. Tetapi metode ini sangat boros energi. Kini beberapa negara juga sudah menggunakan teknologi yang lebih baru, yakni menggunakan metode reverse osmosis. Dengan teknologi ini, Israel sudah dapat memproduksi air tawar sebanyak 16.000 liter per detik. Contoh lain negara yang menggunakan teknologi ini adalah Singapura. Negara ini berupaya membebaskan ketergantungan pasokan air yang selama ini  bergantung kepada Malaysia. Spanyol juga sudah memiliki instalasi desalinasi yang dapat memproduksi total 32.000 liter per detik air tawar.

Bagaimana dengan Indonesia? Dengan luasnya wilayah laut dan kecenderungan pemanfaatan air laut, dan teknologinya sudah tersedia, mestinya sudah bisa keluar dari masalah ini. Tapi kapan ya..?

Next >>>

baca juga

ingin komentar

Comment