DARI REDAKSI : Teknologi Yang Mengubah Peradaban

 

Sudah berapa lama anda tidak menggunakan jasa pos untuk berkirim surat? Seperti kebanyakan orang, mungkin anda sudah tidak ingat. Hanya beberapa orang dengan alasan yang sangat khusus yang masih melakukan hal ini.

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara orang berkomunikasi. Contoh di atas adalah perubahan yang diakibatkan oleh munculnya surat elektronik atau electronic mail (e-mail). Saat ini sebagian besar orang memiliki alamat e-mail, sebagai pelengkap alamat fisik rumah atau kantor. Nyaris semua formulir isian punya kolom alamat e-mail yang harus dilengkapi.

Tidak hanya itu saja, perubahan terjadi di semua kegiatan manusia. Seperti perkembangan perdagangan elektronik atau electronic commerce (e-commerce), yang memungkinkan orang tidak perlu datang ke toko, bahkan tidak perlu pergi ke luar negeri, untuk membeli barang. Cukup memesan dalam jaringan atau online menggunakan gawai yang ada, barang pesanan pun akan tiba.

Perkembangan teknologi informasi sangat cepat, jauh meninggalkan perkembangan teknologi lainnya. Bukan lagi dalam bilangan tahun, tapi bisa hanya dalam bilangan bulan. Teknologi baru yang tercipta akan lebih cepat, lebih kuat, dan lebih murah. Gordon Moore dari Intel telah menunjukkan bukti bahwa efektivitas biaya teknologi microchip berlipat dua kali setiap 18 bulan.

Dunia bisnis, industri dan perdagangan menikmati kemajuan yang signifikan dengan perkembangan teknologi ini dengan mengubah model bisnis lebih dari 10 tahun terakhir. Begitu juga di dunia keinsinyuran, banyak kemudahan cara dalam melakukan berbagai kegiatan yang disebabkan berkembangpesatnya teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak.

Indonesia diharapkan mampu menjadi pelaku dalam perkembangan teknologi informasi dunia, tidak hanya sebagai pengguna. Para software engineer dan computer scientist Indonesia tidak kalah dengan koleganya dari luar negeri. Bahkan banyak yang karyanya sudah dikenal di mancanegara.

Dengan perkembangan yang begitu cepat, teknologi informasi akan membawa perubahan yang cepat pula. Beberapa tulisan di edisi ini akan membahas teknologi ini dari berbagai sudut pandang yang diharapkan dapat membuka pikiran kita tentang pentingnya teknologi ini dalam kehidupan.

Sejarah akan berada di tangan kita, apakah kita akan tercatat sebagai negara yang sejahtera karena mampu memanfaatkan “gelombang” perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi informasi atau sebaliknya. Semua akan berubah, termasuk peradaban.

 

Aries R. Prima

Pemimpin Redaksi

baca juga

ingin komentar

Comment