DARI REDAKSI : Teknologi Dalam Kegiatan Manusia

Sering tidak kita sadari bahwa setiap hari kita bersentuhan dengan teknologi hasil inovasi para peneliti dan insinyur di dunia, mulai bangun pagi hingga tidur di malam hari. Dari teknologi yang paling sederhana hingga yang paling canggih.

Pagi hari, biasanya kita dibangunkan oleh bunyi alarm yang bisa berasal dari jam meja, telepon genggam, atau gawai lainnya yang memunyai fitur alarm. Bagi orang-orang yang secara rutin berolahraga di pagi hari, mereka bisa menggunakan berbagai produk teknologi, mulai sepatu olahraga, gawai yang mampu mencatat waktu dan kondisi fisik, hingga perlatan rumit lainnya, seperti sepeda statis atau treadmill.

Ketika mandi pun, kita berhadapan dengan berbagai teknologi. Bahkan air yang mengalir adalah manfaat yang dapat dirasakan dengan kehadiran teknologi. Setelah itu, ketika beraktivitas, kita bahkan dikelilimgi oleh berbagai teknologi, seperti alat transportasi, komputer, telepon cerdas, kacamata, pena, kertas, makanan, dan lain sebagainya.

Bahkan, saat ini teknologi menjadi kebutuhan mutlak bagi sebagian besar umat manusia. Teknologi telah berkembang dan mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik, lebih efektif, lebih efisien, dan juga membantu memberikan solusi untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi.

Teknologi bukanlah menara gading yang berdiri tegak dengan angkuh dan tidak bisa digapai. Teknologi dekat dengan kehidupan manusia dan benar-benar dirasakan manfaatnya, dan berkembang sangat cepat, bukan lagi menurut deret hitung, tapi berkembang menurut deret ukur. Hanya dalam hitungan hari, kita sudah menemukan berbagai teknologi baru yang dihasilkan dari teknologi sebelumnya.

Teknologi adalah hasil karya para insinyur sebagai hasil inovasi dari kegiatan penelitian yang selalu ditujukan untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi manusia dan kehidupannya. Jika ingin mengenalkan insinyur, maka yang paling mudah adalah mengenalkan produk keinsinyuran, yaitu teknologi. Terutama teknologi yang benar-benar dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, untuk memenuhi salah satu misinya untuk mempromosikan insinyur dan keinsinyuran kepada masyarakat, tahun ini Engineer Weekly akan lebih menonjolkan berbagai teknologi hasil rekayasa di bidang keinsinyuran yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, di samping berbagai materi keinsinyuran penting lainnya.

Kami berharap, melalui upaya ini, akan semakin banyak orang, terutama generasi muda, yang tertarik kepada keinsinyuran dan mau menjadi insinyur yang profesional di kemudian hari.

Saat ini dan di kemudian hari tidak bisa dibayangkan dunia tanpa teknologi. Yang berarti juga, tidak bisa dibayangkan apa jadinya dunia tanpa insinyur.***

Aries R. Prima
Pemimpin Redaksi

baca juga

ingin komentar

Comment