Dari Redaksi : POIN UNTUK ARTIKEL

Waktu dengan cepat bergulir. Tidak terasa Engineer Weekly telah hadir selama satu bulan. Berbagai topik utama telah ditayangkan, mulai dari kereta cepat, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), hingga isu pendidikan teknik dan profesi insinyur. Beberapa penulis dari kalangan PII telah diundang untuk menyumbangkan berbagai pemikiran agar konten media mingguan online ini semakin kaya dan memenuhi harapan pembaca.

Dalam sebuah obrolan ringan baru-baru ini, yang dihadiri oleh beberapa pengurus PII, disepakati bahwa setiap penulis yang tulisannya dimuat dalam Engineer Weekly, akan mendapat poin yang nilainya disesuaikan dengan aturan dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Dengan adanya poin ini, kami berharap semakin banyak insinyur, anggota dan pengurus PII yang aktif menyumbangkan tulisannya di Engineer Weekly.

Edisi kali ini akan menyoroti isu inovasi dan berbagai permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Inovasi teknologi dan keinsinyuran dipercaya dapat memercepat pertumbuhan ekonomi, bahkan dapat melepaskan diri dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

Dalam sebuah pemeringkatan inovasi dunia, Global Innovation Index, Indonesia menempati urutan 97 dari 141 negara. Posisi ini jauh di bawah negara tetangga, Malaysia, yang menempati peringkat 32, Singapura di peringkat 7, dan Thailand di peringkat 55. Bahkan peringkat Indonesia di bawah Vietnam dan Filipina.

Berbagai pertanyaan tentu timbul setelah melihat hasil pemeringkatan tersebut. Apa yang salah dengan yang telah dilakukan? Jawaban tersebut memang, sepertinya, tidak mudah. Banyak faktor yang memengaruhi mandeknya inovasi kita. Beberapa artikel dalam edisi ini akan memberikan gambaran dari beberapa sudut pandang mengapa peringkat Indonesia dalam inovasi belum memuaskan.

Memang, pemeringkatan bukanlah segalanya. Namun, itu penting untuk kita bercermin sambil mengajukan pertanyaan: di mana kita sekarang dan mau ke mana?

Aries R. Prima
Pemimpin Redaksi

Next >>>

baca juga

ingin komentar

Comment