Berita Kegiatan : Pelaksanaan Pelatihan Practical and Implementation of Process Safety Management (PSM) – BKM-PII

Foto-10

Dasar penyusunan manajemen keselamatan di suatu proyek, pabrik (plant) atau industri (minyak dan gas, pembangkit listrik, atau petrokimia) adalah mengerti tentang analisa dan identifikasi bahaya (hazard). Identifikasi bahaya hanya dapat dilakukan jika mengerti dan mampu untuk melakukan identifikasi terhadap manajemen keselamatan proses (PSM – process safety management). PSM sekarang menjadi salah satu kebutuhan dalam penyelenggaraan sebuah proyek atau mengoperasikan dan merawat sebuah Plant atau Industry.

Menyikapi akan hal tersebut pada tanggal 28 – 31 Maret 2016, BKM-PII telah menyelengarakan program pelatihan profesional dengan topik : Practical and Implementation of Process Safety Management, dengan menghadirkan Instruktur : Ir. Alvin Alfiyansyah, MBA, MSc, IPM dari Qatar Gas. Pelatihan berlangsung di Hotel Puri Denpasar, Jakarta

Adapun tujuan dari penyelenggaraan pelatihan tersebut adalah; agar peserta mengetahui sejarah dan regulasi internasional yang berlaku dalam penyusunan process safety management (PSM), mengerti tentang model PSM, bentuk, dan konsep, mengerti dasar konsep keselamatan proses dan dan layer of protection, mengetahui aplikasi di solusi desain, manajemen risiko, dan kesalahan yang sering terjadi dalam penyusunan dan implementasi PSM, mengetahui aturan pemberlakuan PSM dan rangkuman keselamatan proses di perusahaan, peserta mengetahui elemen PSM dan elemen dasar merujuk kepada OSHA PSM, dan mengetahui cara untuk mengelola integrasi PSM dengan system manajemen HSEQ, serta peserta mengetahui indicator kunci prestasi (KPI) dalam penyusunan PSM.

Selain tujuan dan manfaat diatas, pelatihan ini juga bertujuan dan bermanfaat untuk anggota yang ingin mengikuti program sertifikasi insinyur profesional dan juga bagi anggota yang telah memiliki sertifikasi insinyur profesional untuk sebagai laporan dari pengembangan keprofesionalan berkelanjutan mereka yang sudah IP, dalam rangka memenuhi nilan CPD/PKB sebagai persyaratan untuk perpanjangan sertifikasi mereka lima tahun berikutnya.

Materi yang dibahas selama 4 hari adalah antara lain :Process Safety Induction (History on HSE and Process Safety, Catastrophes in the Process Industries, Process Safety Management Model, Anatomy of Process Incident), Basic Process Safety (Basic Process Safety Design, Layer of Protection and Mis-Perception, Guidelines for Design Solution, Prescriptive Risk Management), Process Safety Management (PSM), Key Element of OSHA PSM, Management of PSM (Integrated HSEQ Management System, PSM Key Performance Indicator)

Peserta yang hadir pada pelatihan tersebut diikuti sebanyak 18 orang peserta yang berasal dari : PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Beton Precast, PT. SMART, Tbk, PT Aetra Air Jakarta, PT Imeco Inter Sarana, PT Petrokimia Gresik (Persero), PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT), dan B&V International Company.

Pelatihan PSM kali ini di buka oleh Koordinator Pelatihan dan PKB, PP BKM-PII, Ir. Muhammad Ade Irfan, MBA, IPM,

dan pada penutukan pelatihan disampaikan oleh Ketua Umum BKM-PII, Prof. Dr. Ir. Tresna P Soemardi, IPM, sekaligus berkenan membagikan Sertifikat Peserta Pelatihan.


baca juga

ingin komentar

Comment