Berawal Dari Komputer

Aries R Prima – Engineer Weekly

Tanpa komputer mustahil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi seperti saat ini. Perangkat inilah yang memungkinkan berbagai ‘keajaiban’ teknologi terjadi.

Sebuah alat hitung yang diciptakan oleh Charles Babbage dipercaya mengawali perkembangan komputer hingga saat ini. Alat ini kemudian dikembangkan secara bertahap dan semakin kompleks dengan kemampuan yang juga semakin meningkat.

Dari Generasi ke Generasi
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk mendesain pesawat dan peluru kendali, yang dikerjakan oleh seorang insinyur asal Jerman: Konrad Zuse. Kemudian komputer ini dikembangkan lebih lanjut oleh John von Neuman. Inilah yang disebut komputer generasi pertama, dengan sumbangan utamanya adalah Central Processing Unit (CPU).

Pada 1950an para ilmuwan mengembangkan komputer generasi pertama menjadi komputer generasi kedua dengan menambahkan transistor, sebuah alat canggih yang dapat memaksimalkan kerja komputer dengan ukuran yang kecil. Hal ini menjadikan komputer generasi kedua lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan generasi pertama.

Kelemahan penggunaan transistor adalah komputer menjadi lebih cepat panas dan memengaruhi kinerja komputer. Hal ini memaksa para ilmuwan untuk mencari solusinya.

Jack Billy, seorang ilmuwan, kemudian melakukan penelitian untuk mengganti transistor dengan alat berkemampuan hebat, namun tetap berukuran mini. Pada 1958 ia berhasil menciptakan sebuah alat (chip) yang dapat menampung banyak komponen di dalamnya, yang disebut sebagai Integrated Circuit (IC). Dengan penggunaan IC, ukuran komputer semakin kecil, lebih cepat, dan mampu menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan. Komputer ini disebut sebagaikomputer generasi ketiga.

Komputer generasi keempat adalah pengembangan dari generasi ketiga, terutama meningkatkan kemampuan IC. Pada tahun 1980an para ilmuwan berhasil mengembangkan IC yang mampu menampung ribuan komponen. Dengan ukuran yang semakin kecil, komputer ini menjadi sangat dimungkinkan untuk dimiliki oleh pengguna perorangan. Dari sinilah muncul istilah “personal Computer” (PC), yang kemudian dikembangkan lagi dengan ukuran yang semakin kecil, sehingga benar-benar dapat tercipta sebuah komputer yang dapat dibawa-bawa, yang dikenal sebagai komputer “laptop”.

Saat ini, segala bentuk gawai cerdas yang kita gunakan sejatinya adalah komputer generasi kelima yang masih terus dikembangkan, seperti telepon cerdas, tablet, phablet, netbook, ultrabook dan berbagai alat lainnya.

Dengan semakin berkembangnya komputer, semakin cepat juga penemuan-penemuan baru dapat tercipta. Komputerlah yang juga memungkinkan semua peralatan yang terpisah jauh bisa terkoneksi dengan bantuan sambungan internet, sehingga konektivitas ini, yang disebut sebagai Internet of Things, dapat menjadi solusi banyak masalah yang dihadapi manusia.***

baca juga

ingin komentar

Comment