Card image cap

News

Peserta Rapimnas PII Kunjungi Proyek Kilang Pertamina Balikpapan: Progress Pembangunan Capai 58,83 persen

Sebagai bagian dari Rangkaian Kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang diselenggarakan di Balikpapan, Kaltim, pada hari Minggu pagi (22/1), sejumlah peserta kegiatan tersebut melakukan kunjungan ke PT.Kilang Pertamina Balikpapan (PT.KPB) yang juga kerap dikenal sebagai proyek RDMP (Refinery Development Master Plan) Balikpapan.

Para peserta Rapimnas PII yang berjumlah 30 orang dipimpin oleh Prastiwo Anggoro, disambut hangat oleh Direktur Operasi PT.KPB, Arafat Bayu didampingi sejumlah jajaran management operasional megaproyek senilai kurang lebih USD 7,247 Milyar tersebut.

Dalam penjelasannya, Arafat yang saat ini juga menjabat sebagai General Manager Pertamina RU (Refinery Unit) V ini memaparkan progress pembangunan proyek PT.KPB yang mencapai 58,83% atau diatas 0,56% dari target. 

"Ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup membanggakan dan kami jajaran tim KPB terus berusaha meningkatkan progres tersebut secara konsisten. Setidaknya terdapat 3 objective utama kami, yaitu pertama, penambahan kapasitas dari existing 260 KBPD menjadi 360 KBPD. Penambahan ini akan menjadikan KPB menjadi Kilang terbesar di Indonesia. Yang kedua adalah peningkatan kualitas produk dari EURO II menjadi EURO V yang lebih ramah lingkungan. Yang ketiga adalah meningkatnya kompleksitas proyek berdasarkan parameter NCI (Nielsen Complexity Index) dari 3,7 ke 8,"ujar Arafat dengan nada antusias.

Pada kesempatan berikutnya tampil Sabar P Simatupang (Vice President Project Control & Quality Assurance PT Kilang Pertamina Balikpapan) yang menjelaskan tenaga kerja yang terserap dalam proyek ini mencapai 19.364 pekerja dan diperkirakan 600 tenaga kerja saat kilang beroperasi.

"Kini proyek KPB mencapai 94,1 juta jam kerja dengan zero accident. Sebuah pencapaian yang membanggakan pada pengerjaan proyek yang rawan resiko karena dikerjakan berdampingan dengan kilang existing yang tengah beroperasi aktif. Semoga target tersebut bisa terus kami tingkatkan lebih baik lagi,"tambah Sabar.

Sementara itu, Prastiwo yang mewakili rombongan peserta Rapimnas PII menyatakan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya atas sambutan hangat dari managemen PT KPB pada momen kunjungan ini. 

"Saya berharap agar sinergitas seperti ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. PII siap untuk mendukung PT KPB khususnya Engineer yang terlibat dalam proyek strategis nasional ini untuk bergabung bersama dalam program Profesi Insinyur Profesional yang dilaksanakan oleh PII,"ujar Prastiwo bersemangat.

Rombongan peserta Rapimnas PII kemudian diajak berkeliling meninjau lokasi proyek PT.KPB didampingi jajaran management PT.KPB.***  

 

Keanggotaan
Syarat Anggota Baru

Syarat Anggota Baru

Keanggotaan
Program Profesi Insinyur

Cara Sarjana Teknik Menjadi Insinyur

Info
Sertifikasi Insinyur

Cara Insinyur Menjadi Insinyur Profesional